Dilepas Bupati Alfedri, Pawai Taaruf MTQ XIX di Sungai Apit Siak Berlangsung Semarak

Dilepas Bupati Alfedri, Pawai Taaruf MTQ XIX di Sungai Apit Siak Berlangsung Semarak

16 Juli 2019
Bupati Siak, Alfedri saat menyaksikan Pawai Taaruf MTQ XIX Siak

Bupati Siak, Alfedri saat menyaksikan Pawai Taaruf MTQ XIX Siak

RIAU1.COM - Bupati Siak, Alfedri melepas peserta Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX Tingkat Kabupaten Siak 2019, yang digelar di Jalan Gajahmada, Kelurahan Sungai Apit, Kecamatan Sungai Apit, Selasa 16 Juli 2019.

Prosesi pelepasan pawai taaruf itu ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Ketua Tim Penggerak PKK Siak, Rasidah Alfedri dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Siak, Rahimawati Hamzah.

Dalam kesempatan itu, Alfedri mengaku senang dengan antusias masyarakat yang menyaksikan serta para peserta pawai yang datang dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Siak.

Ia berharap pelaksanaan pawai taaruf ini bisa menambah semaraknya pelaksanaan rangkaian MTQ XIX Siak tersebut, dan seluruh rangkaian acara bisa berjalan dengan baik serta mendapat dukungan dari semua pihak. "Mudah-mudahan pelaksanaan MTQ Kabupaten Siak pada tahun ini semakin baik dan semakin berkualitas," kata Alfedri.

Alfedri melanjutkan, melalui pelaksanaan MTQ yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya itu, bisa menjadi ajang syiar yang efektif untuk mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan Kabupaten Siak yang agamis, religius dan bertaqwa. "Kita berharap keberkahan dari rasa cinta kepada Alquran, semoga negeri ini semakin diberkahi Allah," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pawai Taaruf, Mahadar menyebutkan, peserta pawai diperkirakan mencapai 5.875 orang yang terdiri dari 14 kecamatan di Kabupaten Siak. “Peserta pawai terbanyak dari tuan rumah Kecamatan Sungai Apit dengan melibatkan 2.000 personel,” sebutnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu Sekdakab Siak Tengku Said Hamzah, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Siak, Kepala Kemenag Siak Muharom dan unsur Forkopimda Kabupaten Siak.

Pantauan Riau1.com, masyarakat  Kecamatan Sungai Apit dan sekitarnya tampak antusias menyaksikan meriahnya pawai taaruf dengan berdiri di pinggir jalan, dan ikut mengabadikan dengan kamera ponsel. Pawai taaruf juga diramaikan dengan mobil hias dari masing-masing kecamatan peserta MTQ.

Pawai dimulai dengan atraksi marching band Siak yang diikuti defile kafilah asal Kecamatan Pusako, Kecamatan Mempura yang mengambil tema pawai ATM Beras Siak Berzakat, kemudian diikuti kafilah Sabah Auh dan beberapa kecamatan lainnya, yang ditutup penampilan kafilah Kecamatan Sungai Apit sebagai tuan rumah pelaksana.