Dispar Siak Keluhkan Banyak Pihak Minta Gratis Masuk Istana

Dispar Siak Keluhkan Banyak Pihak Minta Gratis Masuk Istana

26 Agustus 2019
Sejumlah pengunjung datang ke Istana Siak Sri Indrapura

Sejumlah pengunjung datang ke Istana Siak Sri Indrapura

RIAU1.COM - Tingginya minat wisatawan berkunjung ke Istana Siak sebagai magnet ikon wisata, membuat Pemkab Siak meningkatkan target pendapatan dari sektor pariwisata. Beberapa kebijakan dibuat, termasuk meningkatkan harga tiket masuk ke Istana dan retribusi lainnya, termasuk tiket parkir sepatu dan tiket penitipan barang loker. 

Hal ini diungkapkan Kepala Dispar Siak, Fauzi Asni, Senin 26 Agustus 2019 di Siak. Salah satu hal yang disampaikan berkenaan dengan tingginya target yang ditetapkan dalam penerimaan PAD kunjungan ke Istana Siak tahun 2019 mencapai Rp2 miliar. 

"Kita memang ditargetkan tinggi dalam penerimaan PAD sektor pariwisata, sesuai Perda APBD Siak 2019 khususnya dari tiket masuk Istana. Sayangnya, sejumlah pihak justru kerap meminta layanan gratis masuk Istana Siak, khususnya saat kunjungan rombongan," ungkap Fauzi Azni.

Sejumlah pihak dimaksud memang tidak secara spesifik disebutkannya, namun dari unsur Dinas, tamu pemerintah, tamu anggota dewan, bahkan pihak sekolah yang mau membawa siswanya berkunjung juga berupaya mendapatkan layanan gratis dan pemotongan nilai tiket. 

"Tentunya kami kesulitan, disisi lain dituntut memenuhi target, namun disisi lain, mempertimbangkan permintaan sejumlah pihak untuk gratis masuk atau setidaknya minta diskon jumlah tagihan tiket," lanjutnya. 

Saat di lapangan, bendahara tiket masuk Istana, Junaidi juga menyampaikan keluhan yang sama terkait beratnya menanggung tercapainya target pendapatan tiket. Masalahnya beberapa pejabat Pemkab, organisasi, dan beberapa pihak selalu saja meminta dispensasi.

Misalkan saja, saat Pemkab kedatangan tamu mencapai 50 puluhan orang tidak satupun masuk memakai tiket. "Kami dikejar target, dan kerap jadi sorotan ketika tidak tercapai. Mohon ini harus dipahami," sebutnya. 

Beberapa hal, bagi pengunjung yang ingin ke Siak dan berkunjung ke istana Siak, hendaknya mempersiapkan beberapa biaya, diantaranya tiket kendaraan saat diparkir untuk roda empat Rp5.000 dan Rp2.000 untuk roda dua.

Harga tiket masuk Istana bagi wisatawan domestik Rp10.000 dan Rp5.000 untuk anak-anak, dan wisatawan mancanegara, Rp25.000. Selain itu biaya menitipan barang di parkir sepatu di pintu Istana Rp10.000 sesuai pengakuan sejumlah wisatawan.