Pemkab Siak Kirim 30 Eselon IV Ikut Diklatpim Benchmarking ke Pemkab Bintan

Pemkab Siak Kirim 30 Eselon IV Ikut Diklatpim Benchmarking ke Pemkab Bintan

3 September 2019
30 ASN Eselon IV Pemkab Siak mengikuti Diklatpim Benchmarking ke Pemkab Bintan

30 ASN Eselon IV Pemkab Siak mengikuti Diklatpim Benchmarking ke Pemkab Bintan

RIAU1.COM - Sekdakab Siak T S Hamzah memimpin rombongan Peserta Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Siak, dalam agenda kunjungan Benchmarking ke Kabupaten Bintan, Selasa 3 September 2019.

Sebanyak 30 peserta Diklatpim IV yang tergabung dalam Angkatan III di lingkungan Pemkab Siak yang ikut merupakan Pejabat Pengawas Eselon IV yang berasal dari berbagai OPD dilingkungan Pemkab Siak.

Selain para peserta, rombongan ini juga disertai 12 pembimbing dan pendamping yang berasal dari Widyaiswara, jajaran dari BKPSDMD Siak, BPSDM Riau, serta petugas medis.

Sekdakab Siak, Hamzah menyebut, sesuai Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, pelaksanaan Benchmarking ke Best Practice bertujuan untuk mengidentifikasi, mengadopsi dan mengadaptasi kelebihan daerah tujuan untuk diimplementasikan di daerah asal masing-masing, yang tentunya inovasi-inovasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

"Sasaran tersebut selanjutnya akan diaplikasikan dalam bentuk Rancangan Proyek Perubahan yang data pendukungnya diperoleh selama melaksanakan Benchmarking dengan lokus 3 OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan,” kata dia.

Tiga OPD yang dituju rinci Hamzah, diantaranya Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Bintan terkait kegiatan pengelolaan Aplikasi 'Si Mantan' ASN Bintan, Dinas Pariwisata Bintan tentang pengelolaan destinasi dan event pariwisata berbasis masyarakat, serta Diskes Bintan tentang pengelolaan kegiatan pada bidang kesehatan sehingga Kabupaten Bintan berhasil memperoleh penghargaan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional.

"Dengan mengikuti Benchmarking ke Best Practice ini, diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan  pengalaman peserta dalam mendukung proyek perubahan demi perbaikan dan peningkatan kinerja di OPD masing-masing demi Kabupaten Siak yang lebih baik," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bintan, Supriono mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Siak yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemkab Bintan sebagai lokasi tujuan Benchmarking.

Supriono juga menyampaikan gambaran umum Kabupaten Bintan terkait visi dan misi pembangunan Pemkab Bintan, kondisi geografis potensi yang ada di Bintan, dan kondisi Sumber Daya Aparatur dilingkungan Pemkab Bintan.