KUA Tualang Temukan Belasan Buku Nikah Diduga Palsu

KUA Tualang Temukan Belasan Buku Nikah Diduga Palsu

5 Desember 2019
KUA Tualang Najamudin

KUA Tualang Najamudin

RIAU1.COM - Terhitung sebanyak 12 buku nikah diduga palsu ditemukan petugas Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tualang saat pemilik buku nikah melaksanakan legalisir.

"Hal itu kita ketahui saat pemilik buku nikah itu melaksanakan legalisir kekita, kemudian kita melakukan pengecekan register akta nikah, ternyata saat di cek tidak tercatat," jelas KUA Kecamatan Tualang Najamudin SHi, Rabu 4 Desember 2019.

Lanjutnya menjelaskan, untuk memastikan kebenaran kepemilikan akta nikah itu, pihaknya kembali berkordinasi dengan KUA tempat dikeluarkan akta nikah itu, ternyata akta nikah itu tidak tercatat.

"Saat ini kita sudah menahan 12 buku nikah yang diduga palsu. Ada juga buku asli, cuman dibuku itu tidak dituliskan nama pejabat KUA dan tandatangannya. Kuat dugaan kita, ada oknum yang bermain mengaku sebagai pegawai KUA tersebut," jelasnya.

Kita menghimbau kepada masyarakat agar tidak terjadi korban penipuan untuk langsung  berusan ke kantor KUA dimana yang akan langsung pernikahan agar tindakan pemalsuan data tidak terjadi lagi.

"Belasan buku palsu ini akan kita tahan dan tidak akan kita beri kemasyarakat. Perihal yang menjadi korban pemalsuan buku nikah agar dapat mengurus kembali administrasi pernikahan sesuai asal masing-masing," pungkasnya.