70 Siswa SMK SSQ Kandis Belajar 'Cari Aman' di Jalan Melalui Webinar Bersama Capella Honda Riau

70 Siswa SMK SSQ Kandis Belajar 'Cari Aman' di Jalan Melalui Webinar Bersama Capella Honda Riau

18 Maret 2021
Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Abdullah Hamdi Batubara saat menggelar webinar safety riding diikuti puluhan guru SMK SSQ Kandis

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Abdullah Hamdi Batubara saat menggelar webinar safety riding diikuti puluhan guru SMK SSQ Kandis

RIAU1.COM - PT Astra Honda  Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau gencar mengadakan edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat khususnya pelajar. Guna memperkuat campaign keselamatan dalam berkendara serta memenuhi komitmen Honda dalam memberikan edukasi Safety Riding kepada masyarakat di tengah pandemi ini campaign #Cari_Aman keselamatan berkendara dilakukan melalui web seminar atau webinar.

Webinar kali ini mengusung tema 'Kemanapun Perginya Selalu Cari_aman'. Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 siswa/i perwakilan berbagai jurusan di SMK Sultan Syarif Qasim, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Kegiatan ini merupakan yang keenam kalinya dilaksanakan oleh Team Safety Riding PT CDN Riau di tahun 2021 di tingkat Senior High School. Seperti biasa, kegiatan diawali dengan para peserta diwajibkan mengikuti ujian pre test online seputar keselamatan berkendara untuk menguji kopetensi para siswa/i.

Jonny Winata selaku Sales Manager PT CDN Riau mengatakan, edukasi Safety Riding melalui webinar ini terus dilakukan selalu walaupun di masa pandemi ini. Harapannya dengan edukasi Safety Riding Honda secara daring tetap bermanfaat dan lebih efektif dijalankan pada kondisi pandemi ini.

"Serta bisa meningkatkan sikap awerenes bagi para siswa/i serta menjadi bekal untuk siswa/i nantinya saat mereka sudah mencapai usia 17 tahun terurama dalam hal keselamatan berkendara di jalan raya, serta menjadi duta keselamatan bagi teman, ataupun bagi keluarga," tuturnya.

Terpisah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Sultan Syarif Qasim Kandis, Rumiati mengucapkan terimakasih kepada pihak dari PT CDN Riau serta PT Astra Honda Motor yg telah mempercayakan SMK Sultan Syarif Qasim Kandis menjadi pilihan pada kegiatan safety riding edukasi secara virtual.

"Harapan kita siswa/i yang mengikuti kegiatan ini mendapat wawasan tentang keselamatan berkendara di jalan raya, karena kita ketahui bahwa selama ini banyak terjadi kecelakaan lalu lintas pada anak-anak muda khususnya pelajar yang disebabkan ketidaktahuan serta kurang memahami tentang aturan aturan lalulintas di jalan raya," kata Rumiati.

"Termasuk faktor-faktor sebab akibat terjadinya kecelakaan di jalan raya, nantinya para siswa/i dapat mempraktekkan ilmu ini dalam kehidupan sehari hari dengan satu tujuan yaitu selamat di jalan," ujarnya.

Sementara itu, Instruktur Safety Riding PT CDN Riau, Abdullah Hamdi Batubara menyampaikan pentingnya Awarenes, teknik dasar saat berkendara, serta Cari_aman, postur berkendara yag baik dan benar serta teknik pengereman, teknik menikung serta perlengkapan berkendara yang dipakai juga salah satu faktor penentu untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

"Karena 14-39 tahun adalah usia produktif terjadinya kecelakaan, dan yang paling mirisnya 90 persen kecelakan terjadi karena faktor manusianya dan kita sudah harus bisa mengenali dan mempelajari teknik yang tepat sejak dini agar aman dan nyaman dalam berkendara," paparnya.

"Untuk aman berkendara seperti pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan segar sebelum berkendara, periksa kondisi kendaraan sudah siap untuk dipakai, pakailah helm standard dan jaket serta masker, patuhilah rambu rambu lalu lintas dan yang terakhir jangan lupa persiapkan SIM dan STNK itu semua termasuk dalam kampanye 5P," pungkasnya.