Senin, 14 Juni 2021

SIAK

Ramadhan Berkah, 10 Desa di Siak dapat Kucuran Dana HID Untuk 10 Pamsimas

news24xx


Bupati Siak dan direktur air minum dirjen cipta karya Bupati Siak dan direktur air minum dirjen cipta karya

RIAU1.COM -Kedatangan Direktur Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Kementrian PUPR,  Dr Ir Yudha Mediawan, M. Dev. Plg ke Siak pekan lalu membuahkan keberkahan di bulan Ramadhan 1442 Hijriyah ini. Pasalnya, dikarenakan fasilitas Pamsimas di Siak yang terpelihara dengan baik, Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya itu langsung mengabulkan usulan Bupati Siak Alfedri untuk mendapatkan dana Hibah Insentif Desa (HID).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Riau Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ichwanul Ihsan mengatakan, sedikitnya ada 10 Pamsimas di 10 desa di kabupaten Siak yang bakal mendapatkan HID. Dalam beberapa minggu ke depan, dana dicairkan sesuai mekanisme dan aturannya ke masing-masing desa penerima. 

“Waktu Pak Direktur datang ke Siak, beliau melihat gedung SPAM indoor terpelihara dengan baik, SR sudah terpasang tinggal menyambung. SPAM di Kabupaten Siak juga pertama dan satu -satunya di Riau yang sudah pakai token (water meter), inovasi yang menandakan kepala daerahnya transparan dan akuntabel dalam pengelolaan air minum. Kabupaten yang seperti ini yang harus kami berikan support,” sebut Ichwanul.  

Ia menjelaskan, ada 3 program bantuan yang bisa diberikan untuk Pamsimas. Pertama Hibah Regular diberikan untuk desa baru, atau belum ada sama sekali Pamsimas di desa itu. Kedua, Hibah Khusus Pamsimas (HKP) diberikan kepada desa yang sudah mempunyai Pamsimas tetapi mangkrak atau tidak berjalan dengan baik. Kedua bantuan itu tidak full APBN karena ada budget sharing dengan pemerintah daerah tempat desa sasaran berada. Ketiga Hibah Insentif Desa (HID) diberikan kepada desa yang mempunyai Pamsimas yang sudah bagus. HID ini full APBN dengan reng anggaran Rp 245-300 juta per desa.

“Misalnya di Pamsimas desa sasaran masih ada kelebihan air dan masyarakat yang membutuhkan banyak, maka Kementrian memberi bantuan HID,” ungkapnya.

Bupati Siak Alfedri memberikan usulan kepada Kementrian PUPR melalui Balai PPW Riau sebanyak 10 desa. Setelah dicek, 10 desa itu layak dan sudah tercatat sebagai penerima HID 2021 ini. 

“Memang benar, bahwa bupati Siak mempunyai keseriusan besar dalam mengelola air minum ini. 
Minggu depan kita turun ke Siak lagi, supaya masyarakat menyusun rencana kerja masyarakat. Sebab kerja Pamsimas ini disusun dan dikerjakan oleh mayarakat, kami hanya mengawasi dan mengendalikan (Wasdal),” terang Ichwanul. 

Di desa sasaran tersebut sudah ada kelompok yang akan mengelola keuangan HID ini. Kelompok itu diberi nama Kapispam (kelompok pengelola penyediaan air minum). Penggunaan anggaran HID itu sepenuhnya dilaksanakan oleh desa. Pihak Kementrian PUPR tidak bisa mengintervensi kehendak desa kecuali hanya untuk memberikan saran teknis.

“Jadi HID ini diberikan oleh Kementrian PUPR kepada Pamsimas di desa yang sudah bagus dan baik, tetapi masih butuh pengembangan lagi,” terangnya. 

10 desa yang akan diberikan bantuan itu diantaranya Desa Suka Mulya di Kecamatan Dayun, desa Buantan Baru dan Gabung Makmur di Kecamatan Kerinci Kanan, Desa Mandi Angin di kecamatan Minas, Buantan Besar di kecamatan Siak,  Mengkapan dan Teluk Batil di kecamatan Sungai Apit, Dayang Suri di kecamatan Bungaraya, Bandar Sungai di Kecamatan Sabak Auh dan Bencah Umbai di Sungai Mandau.

Sementara itu Kepala Dinas PU Tarukim Siak Ir H Irving Kahar M Eng mengucapkan terimakasih kepada Kementrian PUPR yang telah memberikan perhatian kepada Kabupaten Siak selama ini. Apalagi Direktur Air Minum Ditjen Kementrian PUPR telah datang ke Siak meninjau komitmen dan kesungguhan Pemkab Siak memelihara dan memanfaatkan program yang dikucurkan di Siak. 

“Pak Yudha Mediawan sudah datang ke Siak untuk monitoring pembangunan yang dilaksanakan BPPW Riau. Kita berterimakasih karena banyak sekali anggaran diberikan kepada kabupaten Siak selama ini,” kata Irving kepada Riau1.com Jum'at 30 April 2021. 

Ia menerangkan, salah satu yang diapresiasi Kementrian PUPR adalah penerapan water meter token kepada pelanggan SPAM. Inovasi yang dilakukan Dinas PU Tarukim Siak ini satu-satunya di Riau.  Water Meter Token ini sudah eksisting sejak 2020 lalu disejumlah tempat, yakni di kecamatan Pusako 185 Sambungan Rumah (SR), di Lubuk Dalam sebanyak 638 SR dan kecamatan Sabak Auh 150 SR. Total seluruhan yang sudah menggunakan token sebanyak 1.059 SR pada tahun 2020.

Pada 2021 ini, ada tambahan di Sabak Auh sebanyak 306 SR dan Kecamatan Kerinci Kanan sebanyak 135 SR. Tambahan pada 2021 sebanyak 398 SR tersebut dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian PUPR dan pengadaaan dari APBD sebanyak 1.306 SR. 
Total water meter token yang eksisting pada 2021 : sebanyak 1702 SR.
gihih1
Sementara itu, Bupati Siak Alfedri sangat bersyukur atas HID yang bakal diterima 10 desa yang diusulkan. Ia menyebut bahwa dikabulkannya usulan Pemkab Siak oleh Kementrian PUPR merupakan berkah Ramadan. Bahkan Alfedri mengutip Alquran surat At-talaq ayat 2-3 saat mengucapkan rasa syukurnya kepada media. 

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia (Allah) akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberi-nya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya,” kata Alfedri mengutip terjemahan Alquran surat At-talaq ayat  2-3.

Alfedri juga mengucapkan terimakasih kepada Mentri PUPR dan jajaran yang selalu memberikan perhatian kepada Pemkab Siak. Bantuan HID yang bakal diterima ini menjadi motivasi besar bagi Alfedri untuk terus menawarkan program terbaiknya ke Kementrian PUPR melalui BPPW Riau. 

Baca Juga: Bupati Siak Minta Warga Produktif di Musim Pendemi Covid-19


“Insyaallah kita selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan program air minum di Kabupaten Siak, dengan kualitas air dan layanan yang terbaik. Kita juga akan terus berkoordinasi dengan kementrian agar program -program yang ada di kementrian dapat kita bawa ke Siak,” harapnya.





loading...
Loading...