Dukung Tengku Buwang Asmara Sebagai Pahlawan Nasional, Ini yang Dilakukan Pemkab Siak

Dukung Tengku Buwang Asmara Sebagai Pahlawan Nasional, Ini yang Dilakukan Pemkab Siak

25 Desember 2021
Bupati Siak, Alfedri

Bupati Siak, Alfedri

RIAU1.COM - Pemerintah kabupaten Siak gelar seminar lokal usulan calon pahlawan nasional Raja Siak ke II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah (Tengku Buwang Asmara). 

"Sebagai bentuk rasa syukur dan sekaligus mengenang perang guntung, serta menghargai jasa Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang mana telah menjaga maruwah negri istana Pemerintah Kabupaten Siak, bersama Tim Pengkaji Peneliti Gelar Daerah Kabupaten Siak serta Dinas atau Lembaga terkait terus berupaya mengusulkan Tengku Buwang Asmara menjadi pahlawan nasional,"ujarnya. 

Bupati Siak Alfedri juga mengharapkan dukungan dari masyarakat luas dan swasta dalam mendukung Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional.

"Melalui seminar ini diharapkan masyarakat dan swasta dapat mendukung serta berperan aktif dalam sosialisasi nilai dan semangat kejuangan Tengku Buwang Asmara, dan dengan seminar ini kita berharap dapat semakin memupuk semangat perjuangan kita mejadikan Tengku Buwang Asmara menjadi pahlawan Nasional, terutama dalam menelusuri arsip tidak hanya di Arsip Nadional Republik Indonesia melainkan arsip-arsip di Melaka, ARA, serta National Archief Denhaag Belanda,"harapnya. 

Untuk diketahui, Sultan Mahmud Syah merupakan Sultan yang semasa hayatnya membangkitkan diri mempertahankan kejayaan dan marwah Kerajaan Siak dari penjajah VOC, Sultan Mahmud Syah juga berjuang melawan penjajah kompeni pada 262 tahun yang lalu sekarang dikenal dengan Perang Guntung yang diperingati setiap 6 November.*