Ini Strategi Pencegahan Stunting di Kabupaten Siak

Ini Strategi Pencegahan Stunting di Kabupaten Siak

7 September 2022
Pelatihan pembuatan makanan penambah protein

Pelatihan pembuatan makanan penambah protein

RIAU1.COM - Forikan Kabupaten Siak bekerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako menggelar sosialisasi atau penyuluhan stunting bagi kader-kader posyandu di kecamatan yang yang menjadi lokus penanganan penurunan angka stunting di aula kantor camat Kerinci Kanan, Senin (5/9/2022).

Pada kesempatan tersebut juga digelar pelatihan pembuatan PMT atau makanan tambahan berprotein hewani.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan edukasi kepada kader posyandu.

Ketua Forikan Siak, Rasidah menyampaikan, sasaran untuk penyembuhan dan pencegahan stunting adalah kader-kader posyandu, karena kader posyandu adalah ujung tombak untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan masyarakat.

"Seperti, menyelenggarakan pelayanan kesehatan ibu dan anak, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, mendeteksi perkembangan anak, hingga memantau status imunisasi dan tindakan orang tua tentang pola asuh anak," papar dia.

Kader juga lanjutnya, berperan memberikan layanan konsultasi, konseling, diskusi kelompok, atau demonstrasi bersama orang tua balita. Oleh karena itu, kader posyandu diharapkan bisa mengedukasi dan memotivasi orang tua balita agar terus menerapkan pola asuh yang baik pada anaknya.

“Saya berharap ibu-ibu yang hadir hari ini, bisa menyampaikan informasi yang didapat kepada masyarakat. Mulai darimana penyebabnya, apa ciri-cirinya, dan bagaimana dampaknya serta bagaimana cara mengatasinya,” kata Rasidah penuh harap.

Terutama lanjut Rasidah, kepada ibu-ibu hamil, ibu-ibu yang memiliki balita dan remaja-remaja putri yang ada di masing-masing kampung. Masih banyak kader posyandu yang belum mengetahui apa itu stunting, sementara kader posyandu wajib tahu dan bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai stunting tersebut.

“Selama ini, biasanya kita memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau kepada anak-anak balita. Sementara bubur kacang hijau tersebut mengandung protein nabati, dan kalau dikasih santan juga ada lemaknya. Oleh karena itu kita rubah kebiasaan ini dengan memberikan tambahan makanan tambahan yang mengandung protein hewani yang didapat dari ikan dan daging,” ungkap istri Bupati Alfedri ini.

Menurutnya, masalah stunting tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat perlu waktu yang lama dan harus ada kolaborasi dari semua pihak yang dilakukan secara terus-menerus.   

“Harapan besar saya tergantung kepada ibu-ibu semua sehingga mudah-mudahan dengan kerja sama kita semua, masalah stunting yang merupakan masalah nasional ini bisa kita atasi bersama,” tandasnya.    

Selanjutnya narasumber dari Dinas Kesehatan Rois Marsela memaparkan, pengertian stunting, darimana penyebabnya, apa ciri-cirinya, dan bagaimana dampaknya serta bagaimana cara mengatasinya. 

Acara dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan PMT atau makanan tambahan berprotein hewani. Menu pertama adalah membuat Tahu Fantasi berbahan tahu dan telor burung puyuh kemudian Pergedel Lele berbahan dasar ikan lele dan kentang.*