Bagi Wabup Husni Merza, Evaluasi Kinerja Kecamatan Itu Penting

Bagi Wabup Husni Merza, Evaluasi Kinerja Kecamatan Itu Penting

21 September 2022
Wabup Husni Merza terima tim penilai dari provinsi

Wabup Husni Merza terima tim penilai dari provinsi

RIAU1.COM - Asisten I Setda Riau Masrul Kasmy menyampaikan bahwa Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) Tingkat Provinsi Riau merupakan program dilaksanakan untuk mengetahui dan mengevaluasi kinerja kecamatan khususnya dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pelayanan publik. 

"Artinya ini suatu langkah motivasi bagi kecamatan sendiri dalam upaya untuk memantau bagaimana sistem layanan, pemberdayaan dan jalannya pemerintahan," kata Masrul Kasmy awal pekan ini. 

Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan ini, lanjut Masrul Kasmy berlandaskan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Gubernur (Pergub) Riau Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Kecamatan Provinsi Riau.

Pergub tersebut menjelaskan bahwa maksud dari EKK adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi kinerja kecamatan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kecamatan dalam wilayah kabupaten/ kota di Provinsi Riau.

"Kedepan hal-hal yang berkaitan dengan evaluasi ini, tentu kami harapkan sebagaimana arahan dari pimpinan bahwa banyak evaluasi, banyak inovasi yang dapat diberikan kepada masyarakat terutama bentuk-bentuk layanan yang lebih mudah, lebih murah dan cepat," ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan Penilaian EKK ini, Masrul Kasmy juga berharap agar memotivasi kecamatan-kecamatan yang ada di Provinsi Riau bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan meningkatkan kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas.

"Sehingga akan ada suatu nilai yang positif bagi daerah-daerah kecamatan lain yang juga akan memberikan semangat untuk inovasi yang semakin memudahkan bagi masyarakat," ungkapnya. 

Loading...

Sementara itu, Wakil Bupati Siak Husni Merza mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Evaluasi Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 di Kabupaten Siak. 

Ia juga menyampaikan bahwa Kabupaten Siak telah menetapkan Kecamatan Kandis untuk ikut pada Penilaian Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022.

"Tentu harapan kami dengan apa yang sudah di ekspose oleh Pak Camat tadi bagaimana Kandis dengan segala kreativitas dan inovasinya, kemudian juga pelayanan kepada masyarakat ini harapan kami tentu dapat penilaian terbaik bagi tim penilaian tingkat provinsi," harapnya. 

"Mudah-mudahan menjadi pemicu bagi kecamatan-kecamatan lain untuk terus memperbaiki kinerja pelayanan kepada masyarakat," tutupnya.*