Berikut Kampung di Siak yang Sulit Diakses untuk Pengiriman Logistik Pemilu

Berikut Kampung di Siak yang Sulit Diakses untuk Pengiriman Logistik Pemilu

6 Februari 2024
Ilustrasi/Tribunecirebon.com

Ilustrasi/Tribunecirebon.com

RIAU1.COM - Pengiriman logistik Pemilu ke daerah yang sulit diakses transportasi menjadi prioritas Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Siak.

KPU mencatat ada sembilan Kampung di kabupaten Siak yang sulit diakses.

“Ada, tiga kecamatan dan sembilan kampung, terluar di kabupaten Siak, yang menjadi prioritas kita dalam pengiriman logistik Pemilu, nanti,” kata Ketua KPU kabupaten Siak Ahmad Rizal, di Siak awal pekan ini.

Sembilan kampung tersebut, berada di tiga Kecamatan, yaitu Sungai Apit Kampung teluk lanus, Penyengat dusun mungkal. Kedua kecamatan Sungai Mandau, Kampung Tasik betung, Lubuk umbut, Muara bungkal, Teluk lancang, selanjutnya kecamatan Kandis, Lampung terluar Libo, Pencing bekulo, Belutu.

Rizal menjelaskan untuk distribusi logistik Pemilu 2024, peruntukan TPS se kabupaten Siak yang jumlahnya 1.369. KPU kabupaten Siak akan memberangkatkan mobil logistik tanggal 9-12 februari 2024 mendatang.

“Untuk distribusi logistik pemilu 2024, kita koordinasi bersama Pemkab Siak dan juga melibatkan TNI, Polri dan kecamatan dan kampung, agar memastikan logistik tersebut benar-benar sampai ke tempat tujuan. akan kita kirim secara bertahap yang dimulai tanggal 9-12 februari 2024,” papar dia.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri jauh-jauh hari sudah mengingatkan jajarannya, untuk selalu mendukung penyelenggara Pemilu, terutama distribusi logistik ke kampung yang jauh dari ibu kota kecamatan agar menjadi prioritas dalam pengiriman logistik Pemilu.

Upaya tersebut dilakukan dalam rangka menyiapkan mitigasi distribusi logistik Pemilu 2024 untuk wilayah terluar di kabupaten Siak yang sulit dijangkau.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten kita sudah meminta memitigasi untuk daerah yang perlu perhatian khusus dalam pendistribusian dari Kabupaten ke Kecamatan ke Kampung. Nah ini penting untuk di jadwalkan pengirimannya, jangan sampai nanti daerah-daerah terjauh yang sulit itu lalu diakhirkan sehingga itu akan menyulitkan pendistribusian sampai tingkat ke TPS,” tutur Alfedri.

Lanjutnya, ada 9 kampung di tiga kecamatan terluar, yang menjadi prioritas distribusi logistik contoh ke Teluk Lanus, Sungai Apit itu, termasuk juga di kandis kampung Pencing Bekulo kampung sulit akses juga butuh angkutan. Pemerintah kampung bersama kecamatan wajib mendukung kebutuhan transportasi untuk mengangkut logistik Pemilu 2024, dan di bantu TNI dan Polri.