Puskesman di Siak Dapat Bantuan Alkes, Bupati Alfedri: Ini Sangat Diperlukan

Puskesman di Siak Dapat Bantuan Alkes, Bupati Alfedri: Ini Sangat Diperlukan

20 Desember 2023
Penyerahan Alkes pada Puskesmas yang ada di Kabupaten Siak

Penyerahan Alkes pada Puskesmas yang ada di Kabupaten Siak

RIAU1.COM - Pelatihan penggunaan alat kesehatan (Alkes) dan integrasi layanan kesehatan primer di kabupaten Siak dibuka Bupati Alfedri, Rabu (20/12).

PT RAPP bekerjasama untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan. Melalui penguatan Kualitas dan Kapasitas Puskesmas sehingga dapat memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Terdapat 8 Puskesmas menerima bantuan alat kesehatan tersebut, untuk mengoperasionalkan alat ini, Kementerian Kesehatan RI, telah verivikasi untuk memastikan standar dan kesesuaian alat kesehatan, dan diiringi dengan pelatihan.

Alfedri menyampaikan, bantuan alat kesehatan ini sangat diperlukan Pemerintah Kabupaten Siak, dalam rangka mendukung layanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan, guna menjamin kesehatan masyarakat Kabupaten Siak khususnya ibu dan anak.

Tambah Alfedri, sumber daya manusia (SDM) juga sangat mendukung untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat.

“Kalau alat dah bagus tapi petugas atau SDM nya kurang, sama aja tidak mendukung. Karena itu di tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Siak mengangkat 500 orang tenaga kesehatan dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang akan di tempatkan sesuai dengan kebutuhan di seluruh puskesmas dan rumah sakit type D se-Kabupaten Siak,” jelasnya.

Diketahui, bantuan alkes berjumlah 22 jenis dengan total item 222 alat kesehatan, peruntukannya khususnya untuk Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Yang akan diserahkan untuk 8 Puskesmas yakni Puskesmas Dayun, Puskesmas Sungai Apit, Puskesmas Mengkapan, Puskesmas Sungai Mandau, Puskesmas Kerinci Kanan, Puskesmas Lubuk Dalam, Puskesmas Siak dan Puskesmas Koto Gasib.*