Skywalk Tengku Buang Asmara Siak Dikunjungi 12.481 Wisatawan

Skywalk Tengku Buang Asmara Siak Dikunjungi 12.481 Wisatawan

27 April 2023
Skywalk Tengku Buang Asmara Siak

Skywalk Tengku Buang Asmara Siak

RIAU1.COM - Tercatat sebanyak 12.481 Orang mengunjung Skywalk Tengku Buang Asmara di Kabupaten Siak.

Ini merupakan kunjungan terbanyak sejak lokasi wisata baru itu diresmikan 2 bulan lalu. Mereka secara bergantian mengantre masuk ke skywalk satu-satunya di Pulau Sumatera. 

Untuk di Indonesia, baru Skywalk Siak ini yang memiliki dancing light atau lampu berkejar-kejaran. Pengunjung yang naik dibatasi agar menjaga konstruksi bangunannya.

Bahkan, dari 15 lokasi wisata di Siak, Skywalk menempati urutan pertama paling banyak dikunjungi. Objek wisata yang didalangi Kepala Dinas PU Siak Irving Kahar Arifin ini diresmikan Bupati Siak Alfedri pada Kamis 16 Februari 2023 lalu. 

"Objek wisata yang paling ramai dikunjungu wisatawan di Siak adalah Skywalk Tengku Buang Asmara. Pengunjungnya sampai 12.481 wisatawan dalam satu hari," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Siak Tekad Perbatas, Kamis (27/4).

Tekad menyebutkan, Skywalk itu memang sengaja dibuka saat Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Pada bulan Raamadhan kemarin, skywalk ditutup karena beberapa pertimbangan.

Sedangkan Rumah Datuk Pesisir yang posisinya di sebelah skywalk menempati posisi kedua paling banyak dikunjungi. Kemudian Istana Siak, yang merupakan peninggalan Kesultanan Siak di zaman sebelum kemerdekaan.

"Kalau Istana Siak itu dikunjungi 7.541 wisatawan dalam sehari. Rumah Datuk Pesisir 7.732 pengunjung, Bandar Tepian Sungai Jantan 6.033, Taman Tengku Agung 4.525, Embun Dayung 2.632, Taman Rusa 1.357," ucap Tekad.

Loading...

Kemudian Makam Sultan Syarif Kasim pemimpin Kesultanan Siak dikunjungi 1.128 wisatawan, Sigaran Jiwa 1.121. Sedangkan objek wisata lain dikunjungi kurang dari 1.000 orang, atau ratusan orang.

Skywalk Tengku Buang Asmara menjadi daya tarik baru di Kota Istana, Kabupaten Siak. Pemkab Siak yang memiliki sejarah panjang sejak zaman kesultanan melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Siak membangun Skywalk Tengku Buwang Asmara.

Lokasi itu menjadi destinasi wisata baru di tepian Sungai Siak di Kota Siak, Provinsi Riau. Sebagian lantainya diselipkan kaca transparan, membuat pengunjung serasa berjalan di atas air.

Di bawah kendala tangan dingin Kepala Dinas PU Siak Irving Kahar Arifin, Pemkab Siak berharap wisatawan bisa melihat sejumlah peninggalan sejarah dari atas skywalk.

Skywalk Tengku Buwang Asmara bahkan disebut tak kalah cantik dan canggih dari skywalk yang ada di Negeri Ginseng, Korea Selatan. Bedanya, di Korsel tidak ada dancing light atau lampu menari yang menghiasi skywalk tersebut.*