Sejarah Penyebutan Minangkabau yang Tak Diketahui Banyak Orang

Sejarah Penyebutan Minangkabau yang Tak Diketahui Banyak Orang

27 September 2020
Ilustrasi Rumah Gonjong (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Rumah Gonjong (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Siapa yang mengira bahwa nama Minangkabau berasal dari kerajaan Adityawarman, seorang raja yang pernah memerintah di Pagaruyungan.

Adityawarman juga dianggap sebagai raja pertama yang memperkenalkan sistem kerajaan di Sumatera Barat dinukil dari tirto.id, Minggu, 27 September 2020.

Kata Minang yang dipakai pada desa ini berawal dari adanya isu yang beredar bahwa Kerajaan Pagaruyung akan diserang oleh Kerajaan Majapahit dari Provinsi Jawa.

Singkat cerita, terjadilah peristiwa adu kerbau yang dimenangi oleh kerbau dari orang minang. Kemenangan tersebut, memunculkan kata minang dan kabau. Selanjutnya, kedua kata tersebut dijadikan nama desa Minangkabau.

Sebagai pengingat dari kemenangan peristiwa adu kerbau antara Kerajaan Paguruyung dan Kerajaan Majapahit, masyarakat Minangkabau mendirikan rangkiang atau rumah loteng yang atapnya mengikuti bentuk tanduk kerbau.

Beberapa tulisan sejarah mengatakan, transportasi masyarakat Minangkabau pada saat itu adalah kerbau.

Hal ini didorong dengan adanya pernyataan bahwa agama yang dipercaya saat itu mengajarkan untuk menyayangi binatang seperti, gajah, kerbau, dan lembu.

Sementara itu, runtuhnya kerajaan Paguruyungan karena adanya pengaruh dari Belanda di Perang Padri.

Membuat daerah pedalaman Minangkabau menjadi bagian dari Pax Netherlandica atau politik kolonial Belanda, yang berupaya menyatukan wilayah jajahan Belanda.