Wawako Payakumbuh akan Promosikan Rendang ke Istanbul Turki

Wawako Payakumbuh akan Promosikan Rendang ke Istanbul Turki

5 Mei 2021
Menprkraf Sandi Uno saat berkunjung ke sentra Rendang payakumbuh/langgam.id

Menprkraf Sandi Uno saat berkunjung ke sentra Rendang payakumbuh/langgam.id

RIAU1.COM -Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz akan diundang secara khusus ke Istanbul oleh Wali Kota Esenyurt-Istanbul, Turki dan organisasi bisnis asal Turki “Tumsiad”.

Organisasi ini memiliki jaringan bisnis di berbagai negara di dunia untuk presentasi produk-produk kuliner asal Minangkabau yang akan dipasarkan di Turki dan Eropa.

“Ini merupakan kans bagi kita untuk terus mempromosikan Randang Minang kepada dunia,” ujar Erwin Yunaz , Selasa (4/5/2021).

Ia menambahkan, bahwa Payakumbuh sudah memiliki Sentra IKM Randang yang dikelola secara profesional.  Sentra IKM Randang ini merupakan sentra industri pertama di Indonesia yang mengelola kuliner khas Sumatra Barat yaitu Randang yang bersertifikat ISO 22000.
 
Pemko Payakumbuh ungkapnya,  telah menginisiasi pengelolaan aset negara berupa pabrik produksi Randang secara modern yang pertama di Indonesia.

Bukan hanya itu sebut Erwin, Pemko Payakumbuh juga telah mendirikan “School of Randang”. Sekolah pelatihan untuk produksi randang bagi siapa saja yang ingin belajar membuat randang.


 
“School of Randang merupakan media untuk mengenalkan kearifan lokal ke seluruh penjuru negeri bahkan dunia. Masyarakat luas diperkenankan mendaftar untuk mendapatkan jadwal memasak randang di Sentra IKM Randang Payakumbuh,” beber Erwin.

Loading...

Dalam sebuah pertemuan penting di Kementerian Koperasi dan UKM tahun lalu, Menkop dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki mengapresiasi konsep brilian Pemko Payakumbuh.


 
Teten Masduki mengatakan, Program “The City of Randang” yang digagas oleh Erwin Yunaz harus menjadi contoh bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia dalam upaya mendukung pemerintah menjadikan Koperasi Modern dan UMKM naik kelas.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno juga berkunjung ke Sentra IKM Randang Payakumbuh. Kunjungan ini dalam rangka mendukung dan memastikan persiapan untuk mengambil bagian dalam program “Indonesia Spice Up The World” salah satunya akan diselenggarakan tahun ini di Dubai.

Sandiaga Uno akan membantu produk UKM randang asal Payakumbuh mendunia. Menparekraf akan memberikan subsidi untuk pengiriman produk randang ke berbagai negara, karena Randang Payakumbuh dijadikan prioritas. (Langgam.id)