Tidak Lagi Akreditasi A, Saat Ini UNP Sandang Akreditasi Unggul

Tidak Lagi Akreditasi A, Saat Ini UNP Sandang Akreditasi Unggul

23 April 2022
Kampus UNP

Kampus UNP

RIAU1.COM - Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) disandang Universitas Negeri Padang (UNP) terhitung sejak 20 April 2022. Sebelumnya, UNP telah menyandang Akreditasi A.

“Capaian ini yang pertama bagi UNP sebagai perguruan tinggi dengan Akreditasi Unggul. Sebelumnya, periode 2017-2021, UNP mendapat Akreditasi A. Hasil ini merupakan hasil yang prestisius bagi UNP apalagi setelah berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH),” kata Rektor UNP Ganefri pekan ini. 

Menurut Ganefri, seperti dimuat Padangkita, tidak banyak perguruan tinggi yang bisa mencapai hasil Akreditasi Unggul. Oleh sebab itu, Ganefri beraharap capaian tersebut dapat dipertahankan.

“Ini merupakan tantangan bagi UNP untuk mempertahankannya dan membuktikannya pada stakeholder bahwa kita memang pantas menjadi perguruan tinggi unggul, yang persentasenya masih rendah, karena tidak banyak perguruan tinggi bisa mencapai hasil ini. Maka untuk itu marilah kita terus memperkuat kelembagaan dan standar pendidikan kita agar bisa mempertahankannya” ungkapnya.

Ganefri mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas academica yang telah meningkatkan mutu lembaga dalam dalam berbagai layanan sehingga mengantar UNP meraih capaian Akreditasi Unggul.

Ia menambahkan, UNP sebelumnya menyandang Akreditasi A terhitung sejak tanggal 21 Desember 2021-21 Desember 2026 sebagai hasil perpanjangan otomatis periode sebelumnya 2017–2021.

Setelah hasil perpanjangan akreditasi keluar, UNP kembali mengajukan permohonan akreditasi ulang ke BAN PT dengan melengkapi Instrumen Akreditasi Tambahan (ISK).

“Jika berhasil akreditasinya akan berubah menjadi unggul. Jika gagal kembali menjadi A. Alhamdulillah UNP berhasil memenuhi syarat untuk menjadi unggul,” sebut Ganefri.*