Alasan Kenyamanan, PKL di Kawasan Pantai Padang Ditertibkan

Alasan Kenyamanan, PKL di Kawasan Pantai Padang Ditertibkan

17 September 2023
Penetiban PKL di Pantai Padang

Penetiban PKL di Pantai Padang

RIAU1.COM - Penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Pantai Padang akhir pekan ini dilakukan Tim gabungan Satgas Pam Pantai Padang yang terdiri dari Satpol PP Kota Padang, TNI, Polri, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan dan pihak Kecamatan Padang Barat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar seperti dimuat Langgam.id. mengatakan, penertiban PKL ini merupakan bentuk keseriusan Pemko Padang untuk menjadikan Pantai Padang yang tertib sehingga menjadi nyaman dan indah.

Pantai Padang merupakan salah satu objek wisata utama di Kota Padang, yang perlu dilakukan penataan terhadap PKL, perparkiran serta kegiatan lain yang melanggar Perda.

"Untuk itu Pemko Padang bersama tim harus melakukan secara tegas penertiban ini dengan catatan sifatnya penertiban dilakukan dengan humanis, pelaksanaan penertiban ini dilakukan setelah sebelumnya melakukan sosialisasi dari awal hingga menyampaikan surat edaran kepada para pedagang," ujar Ekos.

Ia menjelaskan penertiban dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari kawasan Jalan Samudera tepatnya dari depan hotel My All hingga depan Lapau Panjang Cimpago (LPC) Kota Padang.

"Kita minta kepada pedagang dapat bermurah hati untuk mengikuti aturan, karena yang kita tertibkan mereka yang melanggar aturan. Sebab, di kawasan Pantai Padang ini sudah jelas aturan untuk para pedagang berjualan," sebut dia.

Sementara itu, Kasat Pol PP Padang, Raju Minropa mengatakan, dalam penertiban tersebut sekitar 267 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan dan penertiban PKL tersebut.

"Selain dari personel Satpol PP sendiri, juga ada dari TNI, Polri dan Stakeholder terkait lainnya dalam penertiban PKL di pantai Padang ini," ungkap Raju.

Kemudian Raju menambahkan, bagi para PKL yang barang-barangnya disita saat penertiban tadi silakan jemput ke Mako Satpol PP.

"Tentunya, barang-barang mereka yang disita ini tentu sudah melanggar hukum dan silakan datang ke Mako Satpol PP dan akan kita proses sesuai peraturan yang ada," jelasnya.*