Banjir dan Longsor Landa Padang Pariaman

Banjir dan Longsor Landa Padang Pariaman

24 Januari 2023
kawasan terdampak banjir/Foto: Tribun Padang

kawasan terdampak banjir/Foto: Tribun Padang

RIAU1.COM - Hampir di seluruh kecamatan di Padang Pariaman terjadi banjir akibat hujan lebat. bahkan di beberapa titik juga terjadi longsor. 

Satu unit rumah di daerah Rimbo Kalam, Nagari Anduriang, Kecamatan Kayutanam dilaporkan tertimbun. Empat orang dari lima penghuninya sudah ditemukan.

Sekretaris Daerah Padang Pariaman, Rudi Repenaldi Rilis, yang dihubungi Singgalang tadi malam, mengaku sedang berada di lokasi banjir.

“Kami sedang di Pulau Aie, Kecamatan Nan Sabaris,” ujarnya seperti dimuat Hariansinggalang.

Menurut Rudi, bupati beserta seluruh pejabat perangkat daerah turun ke lapangan untuk memantau kondisi masyarakat yang terdampak bencana.

Lalu dia mengatakan, hujan lebat telah memicu terjadinya banjir. Terjadi hampir di seluruh kecamatan. Belum diketahui berapa banyak rumah warga yang terendam dan, apa ada korban jiwa atau tidak.

“Yang jelas, malam ini kita fokus, menyelamatkan warga yang terjebak dari banjir dan terkena longsor,” sebut dia.

Berdasarkan data sementara dari BPBD Padang Pariaman, selain daerah Surantie, Lubuak Aluang yang sudah jadi langganan banjir, puluhan rumah di Tanah Taban, Pasie Laweh juga dilaporkan terendam. Ketinggian luapan air diperkirakan mencapai 200 cm.*