BKSDA Sumbar Terima Tiga Ekor Anak Harimau dari Lubuk Alung

BKSDA Sumbar Terima Tiga Ekor Anak Harimau dari Lubuk Alung

1 Juni 2023
Anak Harimau yang diserahkan ke BKSDA

Anak Harimau yang diserahkan ke BKSDA

RIAU1.COM - Tiga ekor harimau buluh diserahkan BPBD Kabupaten Padang Pariaman ke Tim WRU RKW V Barisan Pariaman BKSDA Sumbar belum lama ini.

Awalnya, hewan langka yang sering juga disebut kucing hutan tersebut ditemukan warga di kawasan Lubuk Alung.

Berdasarkan keterangan Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono yang dimuat Katasumbar mengatakan, hewan tersebut ditemukan warga di pekarangan rumah oleh warga setempat.

“Karena menyadari satwa tersebut adalah satwa dilindungi, mereka segera melaporkan temuan tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman,” ungkap Ardi, Kamis 1 Juni 2023.

BPBD Kabupaten Padang Pariaman dan Tim WRU RKW V Barisan Pariaman BKSDA Sumbar mengevakuasi ketiga anak kucing hutan tersebut.

Ketiga harimau buluh itu masih berusia anak-anak sehingga BKSDA mengevakuasi dengan sangat hati-hati.

“Ketiga anak kucing hutan tersebut dibawa ke Tempat Transit Satwa BKSDA Sumbar (TTS) untuk menjalani observasi dan mendapatkan perawatan lebih lanjut,” jelasnya.

Langkah ini, kata Ardi, bertujuan untuk memastikan bahwa satwa-satwa ini dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.

BKSDA Sumbar mengajak masyarakat untuk ikut berperan dalam melestarikan satwa dilindungi dengan melaporkan ke Balai KSDA Sumatera Barat melalui call center di nomor 081266131222.

“Ini akan membantu memastikan perlindungan yang lebih baik bagi satwa liar dilindungi dan kelangsungan hidup mereka di masa depan,” harap Kepala BKSDA Sumbar.*