Di Mentawai, UNP akan Buka Program Studi PGSD

Di Mentawai, UNP akan Buka Program Studi PGSD

25 Februari 2024
Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang

RIAU1.COM - Program Studi (Prodi) di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan
Mentawai.

Pembukaan PSDKU UNP itu akan diresmikan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah pada (29/2/2024) mendatang. Jadwal ini bersamaan dengan digelarnya rapat koordinasi lintas instansi yang digagas Pemprov Sumbar di Mentawai.

Rencananya pembukaan PSDKU UNP ini disambut baik Gubernur Mahyeldi Ansharullah. Menurut Mahyeldi, hal itu bisa menjadi solusi bagi sektor pendidikan Mentawai.

Ia mengatakan, bahwa PSDKU yang akan dibuka UNP di Kepulauan Mentawai ialah Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Dan hal itu sesuai dengan kebutuhan daerah.

Mahyeldi mengungkapkan, selama ini ada dua permasalahan utama di sektor pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pertama, terbatasnya jumlah tenaga pendidik (tendik) atau guru yang mau mengabdi di daerah tersebut. Kemudian yang kedua, jauhnya jarak antara fasilitas pendidikan dengan pemukiman masyarakat.

"Hadirnya PSDKU UNP, saya rasa akan menjadi salah satu solusi untuk penguatan sektor pendidikan di Mentawai. Selama ini yang menjadi permasalahan utama adalah, jumlah tenaga pendidik yang terbatas dan akses fasilitas pendidikan yang jauh," terang Mahyeldi dilansir Langgam.id dari infopublik, Sabtu (24/2/2024).

Mahyeldi menyebutkan, bahwa ke depan anak-anak Mentawai tidak lagi harus ke Kota Padang untuk mengenyam pendidikan tinggi karena di sana sudah ada.

Selain itu, para lulusan PGSD itu nantinya juga bisa diserap sebagai tenaga pendidik, sehingga Mentawai tidak lagi terbelenggu oleh terbatasnya tenaga pendidik yang mau mengabdi di daerahnya.

"Artinya banyak keuntungan yang didapat Mentawai dengan dibukanya PSDKU UNP untuk Prodi PGSD ini," sebut Mahyeldi.*