Gubernur Sumbar Sebut Pembangunan Tol Padang-Sicincin Rampung Juli Tahun Ini

Gubernur Sumbar Sebut Pembangunan Tol Padang-Sicincin Rampung Juli Tahun Ini

29 April 2024
Tol Padang-Sicincin/Net

Tol Padang-Sicincin/Net

RIAU1.COM - Pengerjaan jalan tol Padang-Sicincin dikatakan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah selesai Juli tahun ini, dan kemudian dilanjutkan pengerjaannya ke Bukittinggi.

Mahyekdi menuturkan bahwa berdasarkan penegasan Menteri PUPR kepada PT Hutama Karya (HK), pembangunan tol seksi ini harus tuntas pada Juli 2024.

"Ini berita menggembirakan bagi masyarakat Sumbar. Kita harapkan dengan selesainya tol ini, mobilitas dan perekonomian di daerah akan semakin lancar," ujar Mahyeldi, dikutip Langgam.id, Senin (28/4/2024).

Ia menyampaikan bahwa pembangunan tol akan dilanjutkan ke Seksi Sicincin-Bukittinggi. Untuk itu, Pemprov Sumbar diundang oleh Menteri PUPR untuk bertemu pada 1 Mei 2024 guna membahas kelanjutan pembangunannya.

"Kita optimis dengan dukungan penuh dari pemerintah pusat dan kerja sama semua pihak, pembangunan tol ini akan terus berjalan lancar dan selesai tepat waktu," sebut Mahyeldi.

Selain tol, Gubernur Mahyeldi juga menyinggung tentang pembangunan Flyover Sitinjau Lauik. Ia mengatakan bahwa proses tender telah selesai dan tim percepatan pembangunannya sudah terbentuk.

"Flyover Sitinjau Lauik menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan dan kecelakaan di jalur tersebut. Kita harapkan pembangunannya dapat segera dimulai," jelas Mahyeldi.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa Pemprov Sumbar telah mengusulkan sejumlah pembangunan infrastruktur lainnya kepada pemerintah pusat, termasuk perbaikan jalan yang rusak.

"Alhamdulillah, pemerintah pusat mendukung penuh dan mengalokasikan anggaran sebesar Rp478 miliar lebih untuk perbaikan jalan di Sumbar melalui Instruksi Presiden (Inpres) tentang Jalan Daerah,"papar dia.*