Gunung Marapi Sumbar Jumat Siang Kembali Erupsi

Gunung Marapi Sumbar Jumat Siang Kembali Erupsi

22 Desember 2023
Gunung Erupsi yang erupsi/Antara

Gunung Erupsi yang erupsi/Antara

RIAU1.COM - Gunung Marapi yang terletak di Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi pada Jumat (22/12/2023) sekitar pukul 12.19 WIB.

"Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," dikutip Langgam.id dari magma.esdm.go.id.

Atas kejadian ini, direkomendasikan bagi masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Rekomendasi selanjutnya, yaitu masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Kemudian, rekomendasi seterusnya yaitu untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik, maka masyarakat yang berada di sekitar Gunung Marapi agar menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Selain itu jika terjadi hujan abu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Rekomensasi berikutnya yaitu masyarakat yang ada di sekitar Gunung Marapi dan seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.*