Harimau Sumatera Pemangsa Sapi Kepergok Warga Pasaman

Harimau Sumatera Pemangsa Sapi Kepergok Warga Pasaman

4 Januari 2024
Lokasi terlihatnya seekor harimau di kebun sawit Pasaman

Lokasi terlihatnya seekor harimau di kebun sawit Pasaman

RIAU1.COM - Seekor harimau yang berkeliaran dilaporkan warga di Nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman.

Disebutkan, satwa belang itu berkeliaran dalam kawasan hutan lindung yang sudah ditanami sawit.

Sejumlah warga bahkan sempat mendokumentasikan keberadaan hewan dilindungi itu.

Berdasarkan keterangan Plh Kepala BKSDA Sumbar Antonius Vevri seperti yang dimuat Katasumbar mengatakan, kejadian berawal saat seekor sapi warga diterkam pada Selasa 2 Januari 2024.

Menanggapi serangan ini, BKSDA menurunkan Tim WRU untuk verifikasi lokasi bersama pemerintah setempat.

“Setelah tim turun, dilaporkan memang benar telah terjadi serangan harimau terhadap seekor sapi milik warga setempat. Beberapa warga mengakui sempat menyaksikan langsung kemunculan satwa dan mendokumentasikannya dengan HP,” kata Antonius, Rabu 3 Januari 2024.

Tim melakukan edukasi kepada warga yang berkumpul dan dengan bantuan Kapolsek Tigo Nagari meminta warga segera meninggalkan lokasi kejadian, serta kembali ke pemukiman dengan alasan keamanan.

Kemudian Tim WRU melakukan penghalauan menggunakan bunyi-bunyian untuk mengantisipasi kembalinya satwa liar ke ladang sawit.

“Mengingat kejadian kemunculan satwa yang sudah berulang-ulang, maka kemungkinan tim akan melakukan upaya evakuasi dengan menggunakan kandang jebak,” demikian Antonius.*