Kabut Asap Pekat, DLH Sumbar Tuding Kiriman dari Sumsel, Jambi dan Riau

Kabut Asap Pekat, DLH Sumbar Tuding Kiriman dari Sumsel, Jambi dan Riau

20 Oktober 2023
Kota Padang/Net

Kota Padang/Net

RIAU1.COM - Kota Padang beberapa hari terakhir dihadapkan dengan kualiatas udara yang kian memburuk. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar sebut udara yang buruk tersebut kiriman dari provinsi tetangga.

"Kualitas udara yang buruk ini sebenarnya adalah kiriman dari provinsi tetangga seperti, Sumatera Selatan, Jambi dan Riau," tutur Asben Hendri, Kepala DLH Sumbar yang dimuat Langgam.id, Kamis, (19/10/2023).

Sambung dia, langkah Pemrov Sumbar untuk mengatasi hal tersebut adalah memastikan agar tidak ada titik api di daerah di Sumatera Barat.

Katanya, sebelumnya memang ada beberapa titk api terdeteksi di Sumbar yaitu di daerah Pesisir Selatan, namun saat in sudah berhasil dimitigasi.

"Pagi tadi Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Padang di angka 103 dan 104 dan itu sudah termasuk kategori tidak sehat," jelasnya.

"Mulai pada pukul 11.00 sudah menurun menjadi 93, dan itu masuk kategori sedang. Alhamdulillah sudah sedikit membaik dari yang tadi pagi," sebutnya.

Sambungnya, untuk mengatasi kejadian kita berharap kepada provinsi pengirim untuk melakukan mitigasi dan pencegahan agar kualitas udara kembali membaik.

"Dengan kondisi saat ini, kami menghimbau kepada seluruh warga Kota Padang untuk memakai masker apabila berada di luar ruaggan. Jika memang harus keluar jangan lama-lama," sebut dia lagi.*