Kini di Solok Sumbar Diyakini Tidak Ada Lagi Kemiskinan Ekstrem

Kini di Solok Sumbar Diyakini Tidak Ada Lagi Kemiskinan Ekstrem

20 April 2024
Ilustrasi/Getty Images

Ilustrasi/Getty Images

RIAU1.COM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Terintegrasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045 di Padang, Kamis (18/4/24), menghasilkan sejumlah poin penting, termasuk penghargaan bagi Kota Solok.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa RPJPD 2025-2045 merupakan pertemuan langka dan strategis karena hanya diadakan sekali dalam 20 tahun. 

"Kehadiran kita ini akan dilakukan lagi nanti 20 Tahun kedepan," ujar Mahyeldi yang dimuat Padangkita.com.

Visi Sumatera Barat 2045 sebut dia adalah Sumatera Barat Maju dan Berkelanjutan Berlandaskan Agama dan Budaya. Untuk mewujudkan visi tersebut, kata dia diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk dunia usaha dan masyarakat.

"Harus ada upaya luar biasa, inovatif, baru dan cerdas yang dapat memberikan lompatan besar. Kami mengajak kita bersama berkomitmen mewujudkan mimpi besar Sumatera Barat 2045," ajak Mahyeldi.

Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 kategori Kota di Sumatera Barat.

Kota Solok berhasil meraih penghargaan tersebut, bersama Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi.

Kota Solok dan Kabupaten Tanah Datar, yang sebelumnya meraih penghargaan PPD kategori kabupaten terbaik di tingkat Sumatra Barat, kini telah dinilai di tingkat nasional. Kota Solok masuk dalam 10 Besar Penilaian Tk. Nasional.

Penghargaan lain yang diraih Kota Solok adalah Penghargaan Penurunan Kemiskinan Ekstrem 0%, bersama Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, dan Kota Pariaman.

Terakhir, Kota Solok juga berhasil membawa pulang penghargaan Pengarustamaan Gender.

Kegiatan Musrenbang Sumbar 2024 ditutup dengan Penandatanganan Rembuk Stunting oleh seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Barat.*