Longsor Landa Ampek Nagari Agam Sumatera Barat

Longsor Landa Ampek Nagari Agam Sumatera Barat

30 April 2023
Kawasan terdampak longsor di Agam

Kawasan terdampak longsor di Agam

RIAU1.COM - Berdasarkan data Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, sebanyak 11 unit rumah terendam banjir dan satu unit rumah rusak berat akibat tertimbun tanah longsor di Nagari Batu Kambing, Kecamatan Ampek Nagari, setelah curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu akhir pekan ini.

“Banjir dan tanah longsor itu terjadi di tiga jorong tersebar di Nagari Batu Kambing, Kecamatan Ampeknagari,” kata Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung.

Kemudian dia mengatakan, 11 unit rumah itu digenangi banjir setinggi 30-40 centimeter tersebar di Jorong Pasar sebanyak delapan unit milik Maswardi, Onten, Aci, Epi, Metrizal, Zamroni, Letna Nurhayati dan Asnah.

Setelah itu di Jorong Alahan Siriah sebanyak tiga unit milik Muslim, Jusmanizar dan Rusman.

“Air sudah menyusut dan pemilik rumah telah mulai membersihkan rumah dan perabotan milik mereka,” ujarnya.*

Ia menambahkan, satu unit rumah mengalami rusak berat akibat tertimbun tanah longsor milik Zulkifli (44) warga Punago Jorong Kamparcan, Nagari Batu Kambiang.

Pemilik rumah atas nama Zulkifli mengalami luka di bagian kepala, karena terkena runtuhan tembok akibat longsor dan sudah dilakukan pengobatan.

“Zulkifli beserta istri dan lima orang anaknya mengungsi ke rumah orang tuanya,” katanya.

Ia mengakui, material tanah longsor juga menutupi akses jalan dengan ketinggian satu meter dan panjang 35 meter di Sitanang Kaciak, Jorong Pasar, Nagari Batu Kambing, sehingga mengakibatkan akses jalan tertutup total dan tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.*