Menurut Kapolda Sumbar, Penyelesaian Tol Solusi Tekan Angka Kecelakaan

Menurut Kapolda Sumbar, Penyelesaian Tol Solusi Tekan Angka Kecelakaan

29 Januari 2023
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono

RIAU1.COM - Penyelesaian jalan tol, menurut Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Irjen Pol Suharyono menjadi salah satu solusi untuk menekan angka kecelakaan di Sumaera Barat (Sumbar).

“Melihat kecelakaan beruntun yang terjadi kemarin (Panyalaian) membuat saya berangan-angan jalan tol ini cepat selesai sehingga meminimalkan kendaraan besar masuk ke jalur-jalur yang sempit,” katanya Jumat (27/1/2023) seperti dimuat Langgam.id.

Menurutnya, tekstur jalan di Sumbar tidak biasa dengan badan jalan yang sempit, berbelok-belok disertai tanjakan dan turunan.

“Ini tentu sangat berbahaya, apalagi ada mobil besar di depan dan kendaraan di belakang akan kesulitan menyalip karena jumlah kendaraan banyak dan juga badan jalan yang sempit,” ujarnya.

Lalu menurut kapolda, jalur dengan tanjakan dan turunan terjal membahayakan, apalagi bagi kendaraan yang memiliki muatan berat. “Sudah turunan dan berbelok-belok, ini tentu membahayakan,” ujarnya.

Sebab itu, dia mendorong agar pemerintah daerah bersama-sama untuk segera merealisasikan pembangunan jalur tol yang dari Kabupaten Padang Pariaman menuju Pekanbaru ini.

“Ini harus segera dirampungkan. Polda Sumbar siap mensukseskan penyelesaian jalur tersebut,” tuturnya.

Kapolda mengatakan, kecelakaan setidaknya terjadi karena enam faktor. Yakni, manusia, kendaraan, faktor situasi dan kondisi, cuaca dan faktor tertentu seperti takdir.*