Pacu Kuda di Tanah Datar Tahun 2023 Digelar 30 April

Pacu Kuda di Tanah Datar Tahun 2023 Digelar 30 April

9 April 2023
Pacu Kuda Tanah Datar tahun sebelumnya/Net

Pacu Kuda Tanah Datar tahun sebelumnya/Net

RIAU1.COM - Presiden RI Joko Widodo direncanakan membuka Pacu Kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional tahun 2023.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam acara Pengukuhan Panitia Pacu Kuda Wirabraja Open Race dan Tradisional tahun 2023 di Gedung Indojolito, Batusangkar.

“Pacu kuda yg akan kita lakukan ini berbeda dengan yang sebelumnya. Kenapa begitu? Dari pertemuan saya, yang pertama dengan pihak Istana Presiden, yang kedua langsung dengan pihak Menhan, dan ketiga by telepon dengan Menteri Sandiaga Uno. InsyaAllah beliau-beliau ini akan hadir. Dan acara Pacu Kuda kita ini InsyaAllah akan dibuka langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Bupati seperti dimuat Hariansinggalang.

“Konfirmasi kedatangan presiden sudah 70 persen, kalo untuk Menhan itu 99 persen, satu persennya ketetapan tuhan. Ini suatu berkah bagi kita,” tambahnya.

Terkait pengukuhan, Bupati mengucapkan selamat dan berharap panitia dapat bekerja dengan serius dan penuh tanggung jawab.

“Selamat kepada seluruh panitia yang baru dikukuhkan. InsyaAllah akan bertanggung jawab menjalankan amanah,” ujar Bupati Eka.

“Mari kita serius dan jaga kekompakan, ada masalah cepat diselesaikan, jangan masalah diperbesar tapi tidak kita selesaikan. Saya mengajak seluruh kita untuk menata segala halnya, mulai dari UMKM, pedagang, pengunjung yg datang untuk tertib, juga tata cara menyambut tamu-tamu kita,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Dandim 0307 Tanah Datar Letkol CZI Sutrisno menjelaskan Pacu Kuda tahun ini digelar lebih awal dari semula, yaitu pada tanggal 30 April hingga 1 Mei 2023.

“Ada sejumlah alasan kegiatan Pacu Kuda dilaksanakan lebih awal dari sebelumnya yang biasa dilaksanakan di bulan Oktober. Pertama, Jadwal Pordasi di Bulan Oktober sangat padat. Kemudian, dengan dilaksanakan setelah lebaran kami berharap pelestarian Pacu Kuda bisa disaksikan perantau yang pulang. Selain itu, adanya animo terhadap pacu kuda ini, objek wisata lainnya juga akan terlihat, ada tujuan tambahan dari terselenggaranya di bulan ini,” terang Sutrisno.

Adapun panitia yang dikukuhkan merupakan gabungan dari personel Kodim, Anggota Pordasi dan jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Setelah panitia ini dikukuhkan, harapannya semua bidang dapat bekerja sesuai tugasnya, meskipun sebenarnya saat ini sudah banyak bidang-bidang yang sudah mulai menjalankan tugasnya, seperti perbaikan kandang dan galangang,” terang Dandim.*