Petugas yang Terjebak di Tower Setelah dengar Suara Harimau Dievakuasi BKSDA Sumbar

Petugas yang Terjebak di Tower Setelah dengar Suara Harimau Dievakuasi BKSDA Sumbar

31 Desember 2022
Evakuasi petugas yang dilakukan BKSDA Sumbar

Evakuasi petugas yang dilakukan BKSDA Sumbar

RIAU1.COM - Salah seorang petugas yang terjebak di tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok pertengahan pekan ini dievakuasi Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat bersama Sintas dan Patroli Anak Nagari (Pagari) Batang Barus.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Ardi Andono seperti dimuat Padangkita mengungkapkan, kejadian berawal saat Andri merupakan petugas yang ditunjuk oleh PLN melakukan pengambilan dokumentasi atau foto jaringan tower lalu mendengar suara harimau Sumatra.

“Saat itu petugas tengah naik ke atas tower SUTT yang berada di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Barisan, Kabupaten Solok. Sekira pukul 13:00 WIB, saat berada di tower no.144 ia dikejutkan oleh suara harimau Sumatra, sehingga memutuskan untuk dibantu evakuasi dari lokasi,” terangnya Sabtu (31/12).

Lebih lanjut ia mengatakan, setelah menerima laporan tersebut pihaknya bersama SINTAS dan PAGARI Batang Barus segera menuju lokasi dalam rangka penanganan konflik harimau Sumatra tersebut.

"Sekira pukul 14.45 WIB petugas berhasil dievakuasi. Sementara untuk penanganan konflik harimau Sumatra, kita minta petugas pemelihara tower SUTT untuk tidak dulu beraktivitas dilokasi yang berada dalam SM Barisan, sampai kondisi satwa sudah bisa dinyatakan aman untuk masyarakat,”tukasnya.