Plaza akan Dibangun Dekat Wisata Lembah Anai

Plaza akan Dibangun Dekat Wisata Lembah Anai

26 November 2022
Kawasan Wisata Lembah Anai

Kawasan Wisata Lembah Anai

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana menata ulang, merancang kembali, sekaligus mengoptimalkan Destinasi Wisata Lembah Anai.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy yang menilai penataan dan pembaruan perlu diadakan dalam mengatasi permasalahan yang kini dialami di Kawasan Air Terjun Lembah Anai.

“Perlu penataan mulai dari optimalisasi lahan parkir, serta mencegah meluapnya air yang dapat menutup akses jalan,” terangnya dilansir Kamis (24/11) seperti dimuat Padangkita.

Menurutnya, dengan rekonstruksi ulang titik permasalahan serta mengoptimalkannya, diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar tanpa mengurangi nilai estetik dari Air Terjun Lembah Anai tersebut.

“Dari dulu lembah Anai begitu aja, padahal ini salah satu ikon Sumatra Barat. Apalagi ini sangat eye catching. Air terjunya dekat dengan jalan utama, jadi perlu sekali lebih dikembangkan Lembah Anai ini,” jelas Wagub Audy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda memaparkan Project Plan yang akan menjadi solusi dalam upaya optimalisasi potensi destinasi Wisata Air Terjun Lembah Anai.

Loading...

“Jadi nanti kita akan coba rencanakan membuat jalur opsional ke air terjun, sehingga kita bisa membangun Plaza yang bisa menjadi tempat untuk berwisata tanpa menganggu bangunan yang sudah ada. Gorong-gorong air terjun juga akan kita perdalam untuk mengatasi limpahan air terjun, tanpa meninggalkan nilai estetikannya,” terang Budi.

Adapun perencanaan penataan ulang kawasan Air Terjun Lembah Anai ini dilakukan dengan koordinasi bersama pemerintah provinsi, Kabupaten Tanah Datar, dan beberapa lembaga dan kelompok masyarakat terkait.*