Polres Bukittinggi dan Payakumbuh Kini Dipimpin Polwan

Polres Bukittinggi dan Payakumbuh Kini Dipimpin Polwan

14 Januari 2023
Saat serah terima jabatan di jajaran Polda Sumbar

Saat serah terima jabatan di jajaran Polda Sumbar

RIAU1.COM - Terdapat sebanyak 5 kepala kepolisian resor (kapolres) serta 4 pejabat utama di jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) serah terima jabatan, pada Jumat (13/1/2023).

Dua dari lima kapolres yang baru tersebut merupakan polisi wanita (polwan). Mereka adalah Kapolresta Bukittinggi Kombes Pol. Yessi Kurniati dan Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari.

Situs resmi Polri merilis, sebelumnya, jabatan kapolresta Bukittinggi diserahterimakan dari AKBP Wahyuni yang sebelumnya jadi penjabat kapolres, kepada Kombes Yessi yang sebelumnya adalah wakapolresta Padang. AKB Wahyuni selanjutnya mutasi jadi Kapolres Payakumbuh menggantikan AKBP Alex Prawira.

Tiga kapolres lainnya yang sertijab adalah Kapolres Pasaman dari AKBP Fahmi Reza kepada AKBP Yudho Untoro, Kapolres Kepulauan Mentawai dari AKBP Mu’at kepada AKBP Fahmi Reza dan Kapolres Pasaman Barat dari AKBP M. Aries Purwanto kepada AKBP Agung Basuki.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono memimpin upacara sertijab tersebut di Mapolda.

Selain 5 kapolres, kapolda juga memimpin sertijab empat pejabat utama di Polda Sumbar. Empat sertijab itu adalah jabatan Karorena dari Kombes Pol Dharu Siswanto diserahkan kepada Kombes Pol Nugrah Trihadi. Kemudian jabatan Karo SDM dari Kombes Pol Defrian Donimando kepada Kombes Pol Sonny Mulvianto Utomo.

Loading...

Selanjutnya, jabatan Dirreskrimum dari Kombes Pol Sugeng Hariyadi diserahkan kepada Kombes Pol Andry Kurniawan dan jabatan Kabidkeu dari Kombes Pol Toto Fajar Prasetyo kepada Kombes Pol Kutarto.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono seperti dimuat Langgam.id mengatakan, mutasi itu adalah hal yang biasa dan lumrah di kepolisian. Hal ini bisa saja sebagi tour of duty ataupun tour of area dan juga sebagai promosi.

“Sebagai Kapolda (Sumbar) saya menyampaikan terima kasih kepada pejabat yang lama. Kami menyampaikan permohonan maaf bila selama bertugas ada kesalahan dari kami,” ujar dia.*