Postingan Songket Malaysia di Instagram Unesco, Ini Respons Pemkab Tanah Datar

Postingan Songket Malaysia di Instagram Unesco, Ini Respons Pemkab Tanah Datar

2 September 2023
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Terkait postingan Instagram @unesco soal songket, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar angkat bicara.

Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Hendri Agung Indrianto sangat keberatan atas pernyataan postingan, bahwa songket adalah kain tenun tangan tradisional Malaysia.

Yang jadi masalah tegas Hendri adalah, foto yang dipakai dalam postingan diambil di Pandai Sikek. 

"Fotonya sendiri diambil oleh fotografer lokal Alfurqan Hidayatul Khaira asal Sumatra Barat yang berdomisili di Kabupaten Padang Pariaman," kata Agung kepada Langgam.id, Sabtu (2/9/2023).

Lalu dia telah menghubungi fotografer dan berbicara langsung dengannya. Alfurqan ungkap Hendri membenarkan bahwa foto tersebut diambil saat Festival Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, 27 Agustus 2022.

Festival ini sendiri merupakan bagian dari program unggulan One Nagari One Event dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Fotografer mengatakan bahwa foto tersebut sudah dijual ke shutterstock dan untuk caption dia tidak menyebutkan apapun tentang Kain Tenun Tangan Tradisional Malaysia. Judulnya adalah “Pameran Songket Karya Bundo Kanduang Pintar Sikek. 27 Agustus 2022, Padang Panjang, Sumatera Barat."

Hendri menyayangkan lembaga sekelas Unesco tidak melakukan pengecekan ulang atas foto yang dipakai dalam postingan. Oleh karena itu Pemkab Tanah Datar menuntut agar pernyataan tersebut dikoreksi dan dikeluarkan permintaan maaf.

Berkaitan dengan klaim Malaysia atas songket, Hendri mengatakan Indonesia dan Sumatera Barat sempat kecolongan. Sebab katanya, sekitar dua tahun yang lalu Malaysia lebih dulu mendaftarkan songket sebagai warisan budaya ke Unesco.*