Sidak SPBU Tenteng Senjata, Kapolda Sumbar Temukan Penyimpangan Distribusi Solar

Sidak SPBU Tenteng Senjata, Kapolda Sumbar Temukan Penyimpangan Distribusi Solar

23 Februari 2023
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono (tengah) saat sidak SPBU dini hari

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono (tengah) saat sidak SPBU dini hari

RIAU1.COM - Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono ke beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), Rabu (22/2) dini hari.

Dalam sidak di SPBU yang berada di Kenagarian Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, kapolda menemukan sejumlah kendaraan dengan tangki yang telah dimodifikasi untuk membeli solar. 

"Pada dini hari ini, kami menemukan 10 kendaraan yang berjejer dengan tangki yang dimodifikasi," kata kapolda dalam video yang dirilis akun resmi Polresta Padang yang dimuat Langgam.id.

Menurut kapolda, setiap tangki rata-rata diisi 1.000 liter. "Ternyata terjadi penyimpangan. Semua kabur ini, termasuk yang menjaga SPBU," katanya lagi.

Irjen Suharyono mengatakan, akan menindak tegas temuan tersebut. 

"Akan kami tindak tegas apabila terbukti dugaan kerja sama antara SPBU dengan pengisi solar yang ada di SPBU. Pastinya akan kita kembangkan di SPBU lain," tuturnya.

Kapolda juga memberi perintah kepada semua kapolres dan kapolresta di jajaran Polda Sumbar untuk melakukan operasi.

"Saya perintahkan kepada semua kapolres dan kapolresta di jajaran Polda Sumatra Barat untuk tidak henti-hentinya di jam berapa pun dalam situasi yang seperti apapun melakukan operasi dan mengecek baik di SPBU maupun di jalan-jalan kendaran yang diduga modifikasi dengan tangki-tangki," papar dia menegaskan.*