Tahun 2026 TPA Air Dingin Padang Diprediksi Penuh

Tahun 2026 TPA Air Dingin Padang Diprediksi Penuh

14 September 2023
TPA Air Dingin Padang (Padangkita.com)

TPA Air Dingin Padang (Padangkita.com)

RIAU1.COM - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin saat ini berdasarkan keterangan Pemerintah Kota Padang sudah penuh sesak. Sebab, produksi sampah warga Kota Padang cukup besar mencapai 640 ton dalam sehari.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, sampah yang terus datang setiap harinya di Air Dingin, membuat TPA penuh sesak. Hendri Septa memprediksi, TPA tidak akan mampu menampung sampah sebanyak itu dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

“Karena itu kami berharap dan mengimbau kepada warga untuk membentuk bank sampah di setiap tempat tinggal masing-masing,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa dikutip Langgam.id, Kamis (14/9/2023).

Wali Kota melihat, keberadaan bank sampah mampu meminimaliisir datangnya sampah ke TPA. Menurutnya, puluhan bank sampah yang ada di Padang membuat timbulan sampah di TPA berkurang hampir seratus ton.

“Diprediksi tahun 2026 nanti TPA Air Dingin penuh,” katanya.

Dalam kurun waktu dua tahun ke depan, perlu upaya Pemerintah Kota Padang untuk meminimalisir sampah ke TPA. Salah satu upaya yang tengah dilakukan yakni Refuse Derived Fuel (RDF). Dimana nantinya sampah yang ada di TPA Air Dingin diolah menjadi bahan bakar.

“Akan tetapi RDF itu baru dapat beroperasi pada akhir tahun 2024 nanti, pertanyaannya, bagaimana setahun ke depan, tentu sampah akan terus menumpuk di TPA Air Dingin,” ujar Hendri Septa.

Mengatasi tumpukan sampah yang menggunung, Wako mengajak seluruh warga untuk mengelola sampah dimulai dari rumah sendiri. Kemudian, Hendri Septa mengimbau kepada seluruh lurah dan camat yang hadir untuk mensosialisasikan kepada warga penting dan perlunya dibentuk bank sampah.

“Ke depan setiap RW ada satu bank sampah, nanti warga yang menjadi nasabahnya,” sebut Hendri Septa.*