Tidur di Pondok, Petani Nagari Binjai Pasaman Diterkam Harimau

Tidur di Pondok, Petani Nagari Binjai Pasaman Diterkam Harimau

22 September 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Dilaporkan seorang petani di Jorong Terantang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari, Pasama diterkam harimau sumatera belum lama ini.

Berdasarkan penjelasan PLH Kepala BKSDA Sumbar Eka Dhamayanti seperti dimuat Katasumbar mengatakan petani bernama Isna (30) itu, saat kejadian tengah tidur di pondok bersama temannya.

Isna diterkam kaki bagian kanannya. Saat diserang, korban kaget dan menendang harimau hingga satwa itu menjauh.

"Info teman korban, harimau berjumlah dua ekor, diperkirakan induk dan anaknya," kata dia.

Merespons kejadian ini, BKSDA Sumbar melakukan penanganan konflik di kawasan tersebut pada Rabu 20 September kemarin.

Eka menjelaskan tim sudah melakukan identifikasi bersama kader konservasi dan Pagari Salareh Aia.

“Tim juga melakukan penghalauan dengan meriam bersama Wali Jorong dan warga sekitar,” ungkap Eka, Jum’at 22 September 2023.

Tim menuju lokasi terjadinya konflik dan mengidentifikasi keberadaan satwa HS. Di ladang serai wangi yang terdapat di dalam kawasan SM Malampah, Tim menemukan jejak satwa dengan ukuran 5 centimeter dan jejak yang ukurannya lebih kecil. Di lokasi juga ditemukan beberapa jejak babi.

“Kemudian melakukan sosialisasi dan edukasi pada warga sekitar terkait tingkah laku satwa konflik dan menghimbau warga sekitar, agar membawa kembali ternak ke kandang atau ke daerah pemukiman. Tim menghimbau warga sekitar untuk tetap waspada dan diharapkan melakukan aktifitas ke ladang pada siang hari dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB,” jelas PLH BKSDA Sumbar.*