Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar akan Segera Dilantik

Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar akan Segera Dilantik

5 Mei 2023
Ekos Albar, Wakil Wali Kota Padang terpilih

Ekos Albar, Wakil Wali Kota Padang terpilih

RIAU1.COM - Jadwal pelantikan Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar tengah diagendakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar)

“Kita pada saat ini sedang mengagendakan, dan akan kita rapatkan. Rencana paling lambat tanggal 8 atau 9 Mei 2023,” kata Kabiro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo, Kamis (4/5/2023) yang dimuat Katasumbar.

Doni Rahmat Samulo menambahkan, SK penetapan Ekos Albar sebagai Wakil Wali Kota Padang dari Menteri Dalam Negeri telah diterima Pemprov Sumbar melalui Badan Penghubung.

“Rencananya pelantikan akan dilaksanakan di Istana Gubernur Sumbar, sama dengan tempat pelantikan bupati dan wali kota lain sebelumnya,” jelasnya.

Sebelumnya, DPRD Kota Padang melakukan pemilihan Wakil Wali Kota Padang untuk sisa masa jabatan 2019-2024 itu pun diadakan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Padang, Rabu (5/4/2023) sore.

Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani didampingi para Wakil Ketua dan Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar.

Selain diikuti para anggota DPRD Kota Padang, paripurna ini juga diikuti unsur Forkopimda serta pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang dan stakeholder terkait lainnya baik secara langsung maupun melalui virtual.

Dari hasil pemilihan, Ekos pun mampu unggul secara signifikan dari pesaingnya Hendri Susanto selaku utusan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dari 45 anggota DPRD Kota Padang, 36 suara ditujukan kepada Ekos, sementara Hendri Susanto meraup 9 suara.*