Wako Pariaman Sebut Bandara Minangkabau Tetap Jadi Bandara Internasional

Wako Pariaman Sebut Bandara Minangkabau Tetap Jadi Bandara Internasional

26 Maret 2023
Bandara Minangkabau

Bandara Minangkabau

RIAU1.COM - Bandara Minangkabau disampaikan Wali Kota Pariaman Genius Umar tetap sebagai bandara internasional. Kepastian soal itu, kata Genius, setelah dia mengambil peran berinisiatif langsung menyurati Menteri BUMN Erick Thohir.

“Saya menganggap BIM sebagai bandara internasional berperan sangat penting di Sumatra Barat (Sumbar). Karena itu, ketika mendengar kabar bahwa BIM turun status, saya langsung menyurati Menteri BUMN, Erick Thohir, per tanggal 15 Februari 2023 dengan Nomor 556/130/Disparbud/II-2023,” ungkap Genius akhir pekan ini seperti dimuat Padangkita.

Ia menuturkan, bahwa BIM telah menjadi bandara internasional sejak tahun 2005. BIM sendiri dibangun mulai tahun 2002, dan dioperasikan secara penuh pada 22 Juli 2005, menjadi bandara internasional, menggantikan Bandar Udara Tabing.

“Kalau BIM ini diturunkan statusnya, akan merusak perekonomian Sumbar umunya, dan Kota Pariaman khususnya. Hal ini telah dibuktikan dengan tingginya tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah kita, sehingga hal ini perlu kita pertahankan,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, status BIM tetap menjadi bandara internasional. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi kita semua. Semoga ke depan, akan semakin banyak penerbangan internasional yang datang dan berangkat dari BIM. Sehingga wisatawan mancanegara akan semakin banyak yang datang, yang tentunya akan memberikan hal yang positif untuk kemajuan daerah,” papar dia.*