Wisatawan di Kota Padang Diminta BPBD Waspada Bencana

Wisatawan di Kota Padang Diminta BPBD Waspada Bencana

2 Juli 2023
Pohon tumbang di Kota Padang/net

Pohon tumbang di Kota Padang/net

RIAU1.COM - Dalam beberapa hari terakhir ini sejumlah bencana, seperti pohon tumbang karena angin kencang terjadi di Kota Padang.

Sebab itu, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Yenni Yuliza seperti dimuat Hariansinggalang mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk waspada. 

Sebab, beberapa destinasi wisata, khususnya wisata alam, berdekatan lokasinya dengan kawasan rawan bencana. Seperti jalan menuju sungai Pisang dan Pantai Air Manis Kota Padang

“Kehati-hatian para wisatawan memang sangat diperlukan. Apalagi banyak destinasi menarik dan berada di tempat yang rawan bencana,” kata Yenni akhir pekan ini.

Misalnya, sebut dia, destinasi wisata di pegunungan atau dataran tinggi, pantai, dan sungai. Saat turun hujan deras, maka potensi bencana di lokasi-lokasi alam itu juga ikut meningkat seperti tanah longsor, angin kencang dan banjir serta pohon tumbang.

“Jadi memang penting, masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Padang tetap waspada dengan cara salah satunya mengikuti perkembangan cuaca saat akan menuju salah satu destinasi,” kata Yenni.

“Masyarakat juga harus peka terhadap kondisi cuaca dengan lebih sering memantau informasi yang disampaikan BPBD Kota Padang, BMKG maupun media sosial lainnya,” sambung dia.

Lebih lanjut kata Yenni, saat ini Pemerintah Kota Padang melalui tim gabungan DLH, BPBD, Dishub, Damkar dan Satpol PP juga sudah melakukan upaya pada daerah rawan pohon tumbang dengan cara melakukan pemangkasan pohon setiap hari Selasa dan Kamis antisipasi akan bahaya pohon tumbang.

Dan juga tidak lupa kepada masyarakat pohon yang berada di pekarangan agar rutin menjaga atau merawat pohon secara bergotong royong untuk antisipasi kejadian pohon tumbang menimpa rumah.

“Terakhir, jangan lupa manfaatkan kanal pengaduan darurat milik BPBD Kota Padang dengan telepon 0751-778775 WhatsApp 085891522181 dan Radio Komunikasi HT 170.300 MHz untuk melaporkan kejadian pohon tumbang, banjir, longsor dan bencana alam lainnya yang terjadi di sekitarnya,” tukasnya.*