Gubernur Syamsuar Apresiasi Desa Wisata Dayun Raih Juara 1 ADWI 2022

Gubernur Syamsuar Apresiasi Desa Wisata Dayun Raih Juara 1 ADWI 2022

4 November 2022
Gubri Syamsuar bersama Menteri Sandiaga Uno belum lama ini di Desa Wisata Dayun

Gubri Syamsuar bersama Menteri Sandiaga Uno belum lama ini di Desa Wisata Dayun

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengapresiasi atas prestasi yang ditorehkan Desa wisata Dayun, Kabupaten Siak. Di mana desa tersebut meraih juara 1 nasional dalam kategori kelembagaan desa wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Gubri Syamsuar mengaku, prestasi ini merupakan kebanggan untuk Provinsi Riau, karena Desa Wisata Dayun telah mampu bersaing dan unggul dari  3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 Provinsi di Indonesia.

Syamsuar memberikan apresiasi tinggi kepada pengelola objek wisata Desa Dayun, Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan unsur pentahelix yang telah membantu memajukan desa wisata tersebut.

"Semoga keberhasilan ini dapat ditiru oleh desa wisata lainnya yang ada di Provinsi Riau. Prestasi ini sekaligus bisa menjadi pelecut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Riau," kata Syamsuar, Jumat (4/11/2022).

Dijelaskan Syamsuar, sektor pariwisata merupakan upaya untuk menggerakkan perekonomian daerah yang sempat terpuruk dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Sebelumnya kita juga telah mendapat arahan dari bapak Presiden. Salah satunya bagaimana mendorong sektor pariwisata. Hal itu bertujuan agar bisa menggerakkan pemulihan ekonomi nasional," kata Syamsuar.

Syamsuar juga mengajak Dinas Pariwisata di Riau untuk bisa melakukan inovasi dan terobosan agar pemulihan ekonomi bisa berjalan maksimal.

"Kepada seluruh Kepala Dinas Pariwisata agar bisa membantu menggerakkan pemulihan ekonomi. Sehingga ekonomi segera bangkit setelah 2 tahun terdampak Covid-19," ujarnya.

Dikatakan Syamsuar, bahwa Desa Dayun sebelumnya adalah desa yang menjadi langganan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Kemudian, di kawasan itu dibangun embung untuk menampung air hujan untuk pencegahan Karhutla.

Namun, setelah tidak terjadi lagi karhutla di kawasan tersebut, warga setempat memiliki inisiatif untuk menjadikan Kampung Dayun menjadi desa wisata.

“Kampung Dayun ini dahulunya sering sekali terjadinya kebakaran. Memang di sini sekelilingnya gambut. Apa lagi yang berdekatan dengan Danau Zamrud," ujarnya.

Loading...

"Namun, saat ini telah menjadi desa wisata, tentunya ini atas dukungan dan perhatian pemerintah daerah dan unsur pentahelix. Sehingga setelah tidak ada kebakaran lahan, desa ini menjadi desa wisata,” imbuhnya.

Syamsuar mengungkapkan, pada tahun 2021 lalu, Desa Wisata Dayun telah meraih juara satu anugerah desa wisata tingkat Provinsi Riau. Sehingga menurutnya, wajar jika desa ini dapat menjadi desa tebaik di Indonesia.

“Tahun lalu kampung dayun ini merupakan desa wisata terbaik di Riau. Tim dewan juri dari Kementerian Pariwisata telah menilai, sehingga [Desa Wisata Dayun] menjadi desa terbaik Indonesia,” pungkasnya.

Desa Wisata Dayun atau yang lebih dikenal Kampung Dayun telah terbukti berhasil memikat wisatawan. Puluhan ribu wisatawan telah datang ke destinasi wisata di Kabupaten Siak, Riau itu.

Setiap harinya, terutama di akhir pekan, banyak wisatawan bahkan dari luar Kabupaten Siak datang berkunjung. Wisatawan bisa menikmati berbagai atraksi buatan yang dihadirkan. Mulai dari ragam atraksi outbound, wisata air, mural dayun, camping ground, juga flying fox.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Riau, jumlah pengunjung Desa Wisata Dayun selama tahun 2022 tercatat 115.985 wisatawan.

Pada bulan Januari tercatat 14.519 wistawan, Februari 7.210 wisatawan, Maret 5.520 wisatawan, April 557 wisatawan, dan Mei 32.976 wisatawan. Selanjutnya, pada bulan Juni 2.617 wisatawan, Juli 1.763 wisatawan, Agustus 6.385 wisatawan, September 2.388 wisatawan, dan pada bulan Oktober 2.050 wisatawan. (ADV)