Pj Wali Kota Pekanbaru Terima Penghargaan Pelayanan Publik Kategori Prima dari Menpan RB

Pj Wali Kota Pekanbaru Terima Penghargaan Pelayanan Publik Kategori Prima dari Menpan RB

21 November 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun (tengah) menerima piagam penghargaan Pelayanan Publik kategori Prima Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (21/11/2023). Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun (tengah) menerima piagam penghargaan Pelayanan Publik kategori Prima Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (21/11/2023). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru mendapat apresiasi atas inovasi dalam pelayanan publik dari pemerintah pusat. Apresiasi itu berupa Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pemko Pekanbaru mendapat penghargaan sebagai Daerah Penyelenggara Mal Pelayanan Publik (MPP) Kategori Prima Tahun 2023. Pencapaian ini merupakan apresiasi atas pelayanan prima di MPP Pekanbaru.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun menerima langsung piagam penghargaan ini dari Menpan RB Abdullah Azwar Anas di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (21/11/2023). Penyerahan piagam penghargaan ini merupakan salah satu dari sejumlah agenda dalam kegiatan. Ada juga kegiatan peresmian bersama MPP dan peluncuran JIPPNAS.

Dalam kesempatan itu, Muflihun tidak henti-hentinya mengungkapkan rasa syukur atas prestasi MPP Pekanbaru. Apalagi, Kota Pekanbaru menjadi satu dari sepuluh daerah yang mendapat penghargaan sebagai Daerah Penyelenggara MPP Kategori Prima. 

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui MPP Pekanbaru," ujarnya.

Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk penerapan reformasi birokrasi berdampak. Kemenpan RB telah melakukan berbagai kegiatan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik.

Loading...

"Kami juga mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dalam upaya berperan serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia. Daya mengaku sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Kota Pekanbaru mendapat piagam Pemberian Penghargaan Pelayanan Publik," ucap Muflihun. 

Aktivitas pelayanan publik mencapai 266 loket di MPP Kota Pekanbaru. Ada ratusan layanan perizinan dan non perizinan serta layanan kependudukan dan catatan sipil. 

Total, ada puluhan instansi membuka layanan di MPP Pekanbaru. Instansi tersebut di antaranya DPMPTSP Pekanbaru, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi dan Polresta Pekanbaru. Ada juga Polda Riau, BPN Pekanbaru, Samsat Riau, DJP Riau hingga LPSE.

Layanan di MPP terus berjalan secara optimal pasca kebakaran gedung utama pada 5 Maret 2023. Pelayanan MPP difokuskan di dua gedung layanan yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan MPP.