Wagubri Edy Natar Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi

Wagubri Edy Natar Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi

13 Maret 2023
Wagubri Edy Natar menghadiri talkshow dan pelatihan kepenulisan bersama Duta Baca Indonesia tahun 2023

Wagubri Edy Natar menghadiri talkshow dan pelatihan kepenulisan bersama Duta Baca Indonesia tahun 2023

RIAU1.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menghadiri talkshow dan pelatihan kepenulisan bersama Duta Baca Indonesia tahun 2023 dengan tema membaca itu SEHAT, menulis itu HEBAT di Ruang Bedah Buku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Senin (13/3/2023).

Wagubri menjelaskan bahwa pentingnya perpustakaan dibangun dan dikembangkan di Indonesia, tertuang pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kemudian juga diperkuat dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah, dimana Perpustakaan sebagai Urusan Wajib Non Pelayanan Dasar. 

"Dengan begitu, setiap Pemerintahan Daerah yang ada di Indonesia, baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, wajib mengadakan dan menyelenggarakan Perpustakaan sebagai bagian dari Organisasi Perangkat Daerah," kata Edy Nasution.

Kemudian ia menjelaskan bahwa Indeks Literasi Provinsi Riau dalam gemar membaca adalah 55,03%. Ini termasuk ke dalam kategori sedang. Tentunya dengan begitu Wagubri berharap nilai Indeks Literasi Provinsi Riau dapat meningkat lagi. 

"Untuk itu, pada kesempatan ini, kami mengimbau kepada Perangkat Daerah terkait, agar dapat melakukan koordinasi demi peningkatan literasi di masyarakat, serta untuk menjaga pembelajaran dan pengetahuan, karena dari literasi yang baik akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat Riau, beberapa waktu yang lalu Pemerintah Provinsi Riau telah mengukuhkan Bunda Literasi/Bunda Baca Provinsi Riau yang diamanahkan untuk menjadi motivator, inspirator, dan figur keteladanan (role model) bagi masyarakat Riau dalam aspek minat baca dan kegemaran membaca.

"Terlaksananya pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Riau sebagai sebuah langkah awal yang baik, bagi terbangunnya sinergitas seluruh elemen, dalam rangka menumbuh kembangkan semangat literasi masyarakat," terangnya. 

Untuk diketahui, kegiatan Talkshow Duta Baca Indonesia (DBI) tahun 2023 ini merupakan kegiatan Perpustakaan Nasional yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, yang sudah dilaksanakan sebelumnya di Jakarta. 

"Oleh karena itu, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini sehingga mampu memaknai pentingnya membaca untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa yang bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat menjadi lebih inisiatif, inovatif, kreatif dan kompetitif serta berdaya saing tinggi," pungkasnya. 

Turut hadir Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Bobby Rahmad, serta tamu undangan lainnya.(ADV)