Durian Bengkalis Mulai Dikenal Luas, Wagubri: Kita Kembangkan Lagi

Durian Bengkalis Mulai Dikenal Luas, Wagubri: Kita Kembangkan Lagi

30 Juni 2022
Wagubri Edy Natar di kebun durian Bengkalis

Wagubri Edy Natar di kebun durian Bengkalis

RIAU1.COM - Wakil Gubenur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengimbau masyarakat Riau untuk membeli buah atau bibit lokal.

Selain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, hal ini juga sebagai bentuk pengembangan tanaman masyarakat supaya lebih luas dan dikenal khalayak. 

Hal tersebut disampaikan Wagubri saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Berencah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, Rabu (29/6). 

Dalam kunjungan kerja tersebut Wagubri berkesempatan mengunjungi kebun durian yang ada di Desa Bencah Kecamata Bantan Kabupaten Bengkalis. 

Wagubri mengatakan, Riau merupakan provinsi yang dikenal dengan sumber daya alam yang berlimpah, termasuk buah-buahan. Di Tanah Melayu ini, satu diantara kabupaten yang dianggap berhasil mengembangkan tanamannya adalah Kabupaten Bengkalis yang terkenal dengan buah durian. 

"Durian Bengkalis terkenal bagus dan tidak kalah saing dengan daerah luar. Ini harus kita kembangkan buah dan bibit lokal daerah kita," jelas Wagubri. 

Selain memiliki sumber daya alam yang bagus, Negeri Lancang Kuning ini juga mempunyai sumber daya manusia yang bisa mengelola alamnya. 

"Kita juga mempunyai sumber daya manusia yang handal untuk mengelola ini, yang nantinya bisa menghidupkan gejolak pertanian yang ada di Riau," imbuh Edy. 

Hal itu semakin diyakinkan dengan bukti bahwa Wakil Gubernur Riau ini juga menanam bermacam bibit durian yang beberapa diantaranya berasal dari daerah yang dijuluki Kota Terubuk. 

Bahkan, Edy membuka diri jika ada masyarakat yang ingin berkunjung atau sharing seputar perkebunan durian yang dimilikinya, yang berlokasi di Jalan Karya Bersama Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. 

"Saya juga memakai tenaga sumber daya manusia lokal dalam perkebunan saya karena banyak orang menyebut lahan saya tidak bisa berhasil jika ditanami sebab tanahnya gambut. Tapi buktinya dengan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki, kebun durian saya alhamdulillah tumbuh dan berbuah," terangnya. 

Loading...

Ia berharap, langkah yang ditempuhnya bisa memberikan motivasi bangi para petani Riau, sehingga semakin banyak petani yang sukses di Provinsi Riau

Kemudian, Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan orang nomor dua di Riau disela-sela kesibukannya. 

"Kami merasa senang dikunjungi pak Wagubri apalagi masih dalam suasana durian di daerah kami," Bagus menuturkan. 

Diketahui, Ahad 26 Juni 2022 lalu Kabupaten Bengkalis merayakam acara Gebyar Makan Durian Bantan 2022 di Desa Berancah, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. 

Yang mana, pada kesempatan itu Bagus Santoso mengatakan agenda tersebut merupakan tahun pertama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk menarik minat wisatawan datang ke Provinsi Riau terutama Pulau Bengkalis. 

“Di Pulau Bengkalis ramainya disaat tiga musim yakni, musim hari raya, musim durian, dan musim hari jadi Kabupaten Bengkalis, hal itu yang akan membuat masyarakat berkumpul ke Bengkalis,” lanjutnya. 

Kegiatan Gebyar Makan Durian itu dihadiri langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. 

"Kami sangat beruntung karena saat Gebyar Makan Durian kemarin dihadiri langsung pak Gubernur, sekarang dikunjungi lagi oleh Wakil Gubernur, dan mudah-mudahan yang akan datang pak Presiden yang kesini," harap Bagus Santoso.*