Rabu, 05 Oktober 2022

BENGKALIS

Dukung Desa Pangkalan Jambi Bengkalis Jadi Kawasan Ekowisata Mangrove

news24xx


Kawasan mangrove di Pangkalan Jambi Bengkalis Kawasan mangrove di Pangkalan Jambi Bengkalis

RIAU1.COM - Anggota DPRD Riau, H. Eddy A Moh Yatim reses di kawasan Ekowisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Penyuluh Agama Islam Terima SK, Dapat Tugas Penting dari Bupati Kasmarni

Dalam kesempatan itu, Eddy berdiskusi dengan warga dan pengurus Koperasi Harapan Jaya Bersama yang mengelola kawasan Ekowisata tersebut.

Ketua Koperasi Harapan Jaya Bersama, Alfan menjelaskan kondisi kawasan Ekowisata Mangrove yang terus berkembang hingga saat ini sejak dirinya dan beberapa warga mulai menggarap kawasan tersebut pada tahun 2004.

Dijelaskannya, dulu kawasan ini terlihat gersang dan terancam abrasi. Dirinya bersama beberapa warga kemudian berinisiasi melakukan penanaman mangrove di pinggir pantai. 

Awalnya, apa yang ia lakukan tidak mendapat respon positif dari warga dan aparat pemerintah setempat, namun setelah melihat kawasan yang semula gersang mulai menghijau, banyak pihak yang turun tangan membantu.

“Upaya pelestarian kawasan ini semakin berkembang setelah ada bantuan dari Pertamina RU II Sungai Pakning lewat program CSR serta bantuan dari Pemprov Riau melalui program Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD Riau, Bapak Eddy A Moh Yatim. Kini semakin banyak masyarakat yang merasakan dampaknya dengan kehadiran kawasan Ekowisata ini,” jelasnya.

Selain dampak positif berupa kelestarian lingkungan, warga sebut dia, juga merasakan dampak ekonomi karena berhasil mengolah sejumlah produk pangan dari tanaman mangrove yang ditanam di kawasan ini seperti dodol dan sirup.

Sementara itu, anggota DPRD Riau Eddy A Moh Yatim mengungkapkan dukungan penuh atas upaya warga menjadikan kawasan pinggiran laut tersebut menjadi ekowisata mangrove.

“Apa yang dilakukan Pak Alfan dan teman-teman sangat kita apresiasi. Karena itu saya mendukung penuh kehadiran kawasan ekowisata mangrove ini. Saya minta khusus kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi membantu terus mengembangkan kawasan ini,” ujar Ketua Komisi I DPRD Riau ini.

Dalam kesempatan itu, Eddy Yatim bersama Sekretaris DKP bersama tokoh masyarakat setempat melakukan penanaman bibit mangrove di kawasan tersebut. Bibit mangrove yang ditanam ini merupakan program penanaman ribuan bibit yang dianggarkan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau tahun 2022.

Baca Juga: Benarkan Bupati Kasmarni Buka Lowongan Kerja Besar-Besaran di Mandau? Ini Keterangan Diskominfo

Turut hadir di acara reses tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili Sekretaris Dinas Fajriani dan Kabid Kelautan dan Pengawasan, Ir. Herimufty serta mahasiswa Universitas Riau yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Pangkalan Jambi.**





loading...
Loading...