Dinas PUPR Bengkalis Terus Menggesa Perbaikan Jalan Melalui Dana Swakelola

Dinas PUPR Bengkalis Terus Menggesa Perbaikan Jalan Melalui Dana Swakelola

25 Maret 2024
Ardiansyah.

Ardiansyah.

RIAU1.COM, BENGKALIS - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis terus menggesa melakukan perbaikan dan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan oleh pengguna jalan akibat adanya pemeliharaan jalan yang dilaksanakannya.

Kadis PUPR Bengkalis, Ardiansyah, ST, MT menjelaskan bahwa pekerjaan pemeliharaan atau swakelola yang dilaksanakan tersebut dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2024 sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku, serta bekerja sesuai dengan visi misi Bupati dan wakil Bupati Bengkalis.

"Pemeliharaan jalan yang kami lakukan adalah langkah penting untuk keselamatan pengguna jalan. Banyak spot atau titik jalan kota yang mengalami kerusakan, kami akan terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan demi keselamatan bersama," ungkap Kadis PUPR Bengkalis Ardiansyah, Minggu 24 Maret 2024.

Ardiansyah menegaskan, bahwa perbaikan jalan dengan pembetonan untuk mengejar elevasi jalan, tidak hanya sampai disitu, namun nanti konstruksi akan ditutup dengan lapisan atas berupa aspal, hal ini dilakukan karena jalan tersebut berada ditengah tengah kota Bengkalis.

"Apabila dilakukan menggunakan metode base a pada umumnya, akan mengganggu pengguna jalan seperti batu pecah dan serpihan batu akan menimbulkan abu. Beton digunakan juga sebagai lapisan perkuatan di bawah aspal sehingga aspal diatasnya akan tetap terjaga,"beber Ardiansyah.

Menurutnya lagi, saat ini pihaknya sedang merencanakan untuk melakukan overlay pada beberapa ruas jalan yang membutuhkan perbaikan lebih lanjut. 

"Pekerjaan pemeliharaan yang kita lakukan sudah sesuai mekanisme dan ini penting dilakukan demi keselamatan pengguna jalan. Apalagi sudah banyak spot jalan kota berlobang, kami lagi melakukan perencanaan untuk bagaimana melakukan overlay karena memang aspal jalan kota sudah sangat lama tidak dilakukan overlay,"ujarnya lagi.

"Dengan demikian langkah pemeliharaan jalan yang dilakukan oleh Dinas PUPR sendiri serta sejumlah ruas jalan di kota Bengkalis diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan keamanan infrastruktur dengan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan," sambungnya.