Rabu, 05 Oktober 2022

BISNIS

7 Tips Hemat di Tengah Bulan Supaya Aman hingga Akhir Bulan

news24xx


Foto: Internet Foto: Internet

RIAU1.COM - Akhir bulan saja belum, tapi uang sudah mulai menipis di tengah bulan? Hal ini tentu saja pertanda yang kurang bagus untuk pengelolaan keuangan Anda. Kondisi ini biasanya terjadi akibat Anda yang terlalu kalap berbelanja saat gajian dan membeli berbagai hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Akibatnya baru di pertengahan bulan saja gaji Anda sudah semakin menipis.
Padahal di pertengahan bulan seharusnya Anda lebih pintar lagi untuk mengatur keuangan agar gaji Anda tetap cukup hingga akhir bulan dan gajian selanjutnya. Lalu, bagaimana sih tips hemat di tengah bulan? Yuk, simak!

1. Hindari untuk berhutang
Apabila Anda mau menghindari diri dari kehabisan uang, maka hindarilah untuk berhutang. Saat Anda berhutang, baik itu pinjaman kartu kredit atau pay later, tentu akan ada bunga yang harus dibayarkan. Hutang dengan bunga inilah yang membuat Anda akan semakin boros.
Jika Anda memiliki kartu kredit, maka bayarlah tagihannya setiap bulan pada tanggal yang telah ditentukan. Apabila Anda terpaksa untuk meminjam uang, carilah pinjaman uang yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah. Namun yang paling baik adalah batasi diri Anda untuk berhutang. Biasakan untuk menghabiskan uang sedikit sehingga Anda punya banyak uang di saldo ATM.

2. Selalu bawa air mineral kemana-mana
Prinsip ini akan sangat berguna untuk keuangan Anda lho. Mau Anda sudah bekerja atau masih kuliah, jangan pernah lupa untuk membawa botol minum Anda kemana-mana. Selalu penuhi isi botolnya sehingga Anda tidak perlu jajan minuman kemasan setiap hari. Lumayan kan Anda bisa menghemat puluhan hingga ratusan ribu rupiah setiap harinya hanya dengan membawa botol minum sendiri.
Apabila kantor Anda menyediakan dispenser, Anda pun bisa mengisi botol minum dan menjadi lebih berhemat seharian. Hal ini juga berlaku saat Anda pergi makan ke luar. Tekan keinginan untuk memesan minuman mahal dan pilih air mineral saja.

3. Tarik tunai seminggu sekali
Coba hitung berapa kira-kira pengeluaran maksimal Anda setiap minggunya. Kemudian, tarik tunai sebesar jumlah perkiraan tersebut hanya di hari Minggu untuk seminggu ke depan. Dengan begitu, Anda jadi tidak mudah untuk menghamburkan isi dompet karena melihat uang tunai di dompet yang pas-pasan.
Menarik uang di hari Minggu juga akan mencegah Anda untuk berfoya-foya di hari kerja. Jika uang habis menjelang weekend, Anda jadi tidak bisa main ke luar kan?

4. Belanja saat ada promo saja
Promo atau diskon adalah hal yang paling dinanti dan ditunggu-tunggu saat berbelanja. Apabila kebanyakan toko online membuat promo sesuai kesamaan tanggal dan bulan seperti 4.4, 8.8 dan seterusnya atau promo gajian, Blibli juga memiliki promo tengah bulan yang akan membuat Anda lebih hemat jika ingin berbelanja.
Blibli mengadakan promo tengah bulan khusus untuk berbagai peralatan elektronik di setiap bulannya. Promo ini berlaku mulai tanggal 15 sampai 20 setiap bulan. Jadi, nggak perlu lagi deh takut belanja ketika dompet cekak. Anda pun masih tetap bisa berbelanja sambil menunggu hari gajian.

5. Siap menu bekal untuk seminggu ke depan
Apabila kantor Anda tidak menyediakan makan siang, tentu akan jauh lebih hemat jika Anda membawa bekal setiap harinya. Agar tidak menghabiskan waktu terlalu lama di pagi hari untuk menyiapkan bekal, Anda bisa membuat menu bekal untuk seminggu ke depan di akhir pekan.

Namun, apabila waktu mempersiapkan bekal di pagi hari sangat sempit atau Anda tidak bisa memasak, maka tidak ada salahnya juga untuk menentukan menu makan siang dari tempat kesukaan Anda. Ingat, pilihlah makanan dari tempat yang menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau. Dengan mengatur menu makanan dalam seminggu, Anda jadi tidak akan tergoda untuk membeli makanan lain yang dipesan oleh teman Anda, yang mungkin harganya lebih mahal.

6. Tetap Hari Irit sehari dalam seminggu
Terkadang memang sangat sulit untuk kita menekan pengeluaran, mulai dari jajan makanan, kopi, hingga membeli printilan lainnya. Walaupun belanjanya mungkin bukan barang yang mahal, tetapi pembelanjaan kecil yang dilakukan tiap hari juga tentunya akan menjadi pengeluaran besar saat dihitung di akhir bulan.

Nah untuk mencoba mengurangi kebiasaan ini, Anda bisa menetapkan hari irit sekali dalam seminggu. Pada hari itu, Anda tidak boleh jajan satu barang pun dalam sehari kecuali untuk makan, itu pun harus ekstra sederhana ya. Coba lakukan ini dalam beberapa minggu. Apabila sudah mulai terbiasa, tambahkan hari irit ini dua kali dalam seminggu. Dijamin Anda pun bisa lebih hemat di tengah bulan, bahkan hingga akhir bulan.

7. Bandingkan harga barang
Untuk lebih berhemat, Anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu membanding harga barang di beberapa tempat. Bandingkan harga yang memiliki fungsi sama, misalnya sabun cuci piring. Coba bandingkan harga berbagai sabun cuci piring dari berbagai merk yang tersedia. Pilihlah yang menurut Anda paling terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa lebih berhemat karena membeli satu barang yang lebih murah.





loading...
Loading...