Gubri Bangga Toko Kelontong SRC Berkontribusi Bagi Perekonomian Riau

Gubri Bangga Toko Kelontong SRC Berkontribusi Bagi Perekonomian Riau

12 Desember 2022
Gubri Syamsuar bersama Faank, vokalis Band Wali, di pentas Pesta Retail Tengah Sumatera, di Pekanbaru, Minggu (11/12/2022). Foto: Istimewa.

Gubri Syamsuar bersama Faank, vokalis Band Wali, di pentas Pesta Retail Tengah Sumatera, di Pekanbaru, Minggu (11/12/2022). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemprov Riau menyatakan kebanggaannya dengan kehadiran toko kelontong Sampoerna Retail Community (SRC). Toko kelontong SRC banyak memberikan kontribusi bagi perekonomian di Provinsi Riau.

SRC menggelar pesta retail terbesar di 15 kota untuk merayakan kesuksesan toko kelontong atas berbagai kontribusinya dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Salah satu dari rangkaian acara tersebut adalah Pesta Retail Tengah Sumatera yang berhasil menghadirkan lebih dari 1.700 toko kelontong dari Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, serta didukung berbagai elemen masyarakat.

PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC). Upaya ini terbukti memberikan dampak positif, khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Dalam rangka merayakan kesuksesan toko kelontong SRC memberi dampak positif bagi masyarakat, SRCIS
menggelar Pesta Retail Tengah Sumatera di Pekanbaru pada 11 Desember 2022. 

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022. Pesta retail ini juga didukung oleh pemerintah daerah setempat. 

Dalam sambutannya saat Pesta Retail Tengah Sumatera di Pekanbaru, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memberikan dukungan sepenuhnya bagi kemajuan toko kelontong sebagai penggerak kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Riau. Pesta Pesta Retail Tengah Sumatera  sebagai aksi nyata dalam pengembangan dan kemajuan untuk UMKM lokal yang ada di Riau.

"Saya juga berterima kasih untuk PT HM Sampoerna Tbk dan PT SRCIS yang telah memberikan pendampingan kepada pelaku retail tradisional yang tergabung dalam SRC. Dengan demikian, sudah banyak pelaku toko kelontong yang semakin semangat untuk mengembangkan usahanya sehingga memiliki daya saing yang tak kalah dengan toko-toko modern lainnya,” ujarnya. 

Di era yang semakin maju, peran teknologi menjadi salah satu faktor penting dan utama dalam membantu pertumbuhan bisnis. Adanya dukungan nyata berupa digitalisasi dalam bentuk aplikasi AYO KELONTONG yang diberikan kepada SRC akan menjadi tonggak perubahan penting dalam kemajuan bisnis SRC.

“Kami menyambut dengan bangga Pesta Retail Tengah Sumatera karena kehadiran toko kelontong SRC juga
memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. Kami juga berterima kasih kepada seluruh warga Riau yang masih setia berbelanja di toko kelontong sehingga perputaran ekonomi tetap terjadi,” ucap Syamsuar.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). UMKM memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9 persen dari total angkatan kerja nasional.

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia. Sehingga, Toko Kelontong secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB. Kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujarnya. 

Mengingat peran Toko Kelontong SRC yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” sebut Ivan.

Sampoerna terus berkomitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan. Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan. 

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Tengah Sumatera akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. Kegiatan ini merupakan bukti konkret SRC dalam mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia.

"Kami percaya Pesta Retail 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM. Agar, mereka siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif dimana pun  berada. Pesta Retail ini sekaligus memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. Selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.

Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya
sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” sebut Rima.

Pesta Retail Tengah Sumatera digelar dengan tujuan untuk mempererat relasi antara mitra, pemilik toko, dan konsumen yang turut menghadirkan lebih dari 1.700 toko kelontong SRC yang berlokasi di Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. Melalui kegiatan ini diharapkan eksistensi toko kelontong makin nyata dan relevan bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

"Selain memamerkan produk-produk andalan pelaku UMKM dan toko kelontong, acara ini juga menghadirkan hiburan rakyat dari masing-masing daerah dalam rangka memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia. Antusiasme masyarakat semakin bertambah dengan banyaknya hadiah menarik, seperti paket umrah yang diberikan oleh Silver Silk Pekanbaru," ungkap Rima.

Selain itu, acara ini turut didukung oleh AquA, BRI, dan KFC sebagai official partner nasional. Kemudian, Good Day, PLN, Modena, Antam, Nestle, IM3, Modena, Sharp, Riau Barcode, Jaya Mandiri, dan Jack n Jill.

Untuk diketahui, SRC adalah toko kelontong masa kini yang tergabung dalam program pembinaan kemitraan PT SRCIS yang merupakan bagian dari PT HM Sampoerna Tbk. Program pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing para pemilik toko kelontong melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan. Toko yang tergabung dalam SRC menggambarkan toko kelontong masa kini dengan tampilan yang mudah dikenali, toko yang tertata lebih rapi, bersih, terang, dan memberi rasa nyaman bagi pelanggannya dibandingkan toko kelontong pada umumnya.

Program SRC yang sudah dimulai sejak tahun 2008. SRC memiliki jaringan yang mencapai lebih dari 225.000 toko yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, berdasarkan data per November 2022. Toko kelontong anggota SRC tersebar di 408 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.