Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Sekdako Dumai untuk Generasi Muda

Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Sekdako Dumai untuk Generasi Muda

1 Oktober 2022
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bersama Forkopimda secara Virtual

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bersama Forkopimda secara Virtual

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bersama Forkopimda secara Virtual yang bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Sabtu (01/10).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini terhubung secara Virtual ke Lubang Buaya Jakarta Timur yang dimana menjadi Inspektur Upacaranya adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Adapun yang bertugas sebagai Pembaca Teks Pancasila adalah Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yaitu Bambang Soesatyo sedangkan untuk pembaca Naskah Undang-undang Dasar (UUD) RI Tahun 1945 yaitu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yaitu La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Setelah selesai Upacara secara virtual tersebut, Sekda Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si berpesan agar generasi muda sekarang untuk mengingat sejarah bahwa pada tanggal 30 September ada tragedi nasional yang dimana terjadi pembunuhan kepada para Jenderal dan dikuburkan di Lubang Buaya.

"Kita berharap kepada generasi muda untuk selalu membaca dan mengingat sejarah bahwasanya tragedi pembunuhan kepada para Jenderal pernah terjadi dan dimakamkan di Lubang Buaya, dan itu telah ditumpas pada 1 Oktober melalui gerakan yang dinamakan Kesaktian Pancasila," ucapnya.

Loading...

Pada kesempatan yang sama Dandim 0320 Letkol Arh Hermansyah Tarigan SE juga berpesan kepada generasi muda agar selalu untuk berpegangan kepada Pancasila.

"Kita tegakan Pancasila berarti kita menegakan negara Republik Indonesia itu juga, karena Pancasila merupakan dasar negara yang di dalamnya terdapat butir-butir luhur dari kebudayaan bangsa Indonesia sendiri," sebutnya.*