Majukan UMKM, Lembaga hingga Pemda di Riau Ditekankan Gunakan Produk Lokal

Majukan UMKM, Lembaga hingga Pemda di Riau Ditekankan Gunakan Produk Lokal

13 Agustus 2023
Arahan Gubri Syamsuar

Arahan Gubri Syamsuar

RIAU1.COM - Apabila semua pihak, khususnya Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, maupun BUMN konsisten dalam pengadaan barang dan jasa dengan memilih menggunakan produk dalam negeri, maka pertumbuhan ekonomi juga akan semakin baik.

Dan hal ini juga akan dapat berimbas dalam peningkatan usaha para pelaku UMKM.

Seperti itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Himpunan Penyedia Barang dan Jasa  (Hipebaja) di lingkungan PT. Pertamina RU II Dumai akhir pekan ini. 

"Jika kita membeli dan menggunakan produk sendiri, tidak ada impor-impor dalam pengadaan barang, pasti jaya UMKM kita," kata Syamsuar.

Sambung dia, mengoptimalkan kekuatan dalam negeri menjadi satu di antara banyaknya faktor dalam memajukan ekonomi.  

"Beberapa waktu lalu Riau sebagai salah satu dari 9 Provinsi yang ditunjuk menjadi tuan rumah Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), ini juga sebagai langkah dan upaya membuat masyarakat terbiasa menggunakan buatan [produk] dalam negeri, bahkan bangga menggunakan buatan Indonesia," terangnya. 

Bersamaan dengan ajakan menggunakan produk dalam negeri, Gubri juga mengimbau pihak penyedia barang dan jasa memaksimalkan berbagai potensi yang akan mereka jual. 

"Jadi, penyedia barang dan jasa juga harus mampu menjawab keinginan dari para pembeli atau penerima jasa, selalu upgrade terkait perkembangan yang relevan di berbagai bidangnya," tuturnya lagi.*