Pengembangan Layanan Publik Bidang Informatika, PA Dumai Jalin Kerja Sama dengan Diskominfotiksan

Pengembangan Layanan Publik Bidang Informatika, PA Dumai Jalin Kerja Sama dengan Diskominfotiksan

14 Desember 2022
Usai penandatanganan kerja sama

Usai penandatanganan kerja sama

RIAU1.COM - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik dan kebutuhan informasi, Pengadilan Agama (PA) Dumai sepakat melakukan kerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai.

Kesepakatan kerja sama tersebut dituangkan ke dalam bentuk Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Ketua PA Dumai Laila Nofera Bakar dan Kepala Diskominfotiksan Dumai, Khairil Adli awal pekan ini.

Ketua Pengadilan Kelas IB Dumai, Laila mengungkapkan, penandatanganan kerja sama ini dalam rangka optimalisasi pengembangan sistem layanan publik di bidang komunikasi dan informatika.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap pendampingan dari Diskominfotiksan Dumai melalui tenaga ahli programingnya untuk pengembangan dan pemanfaatan aplikasi layanan masyarakat pencari keadilan berbasis android," ucapnya.

Melalui kerja sama ini juga, Ketua PA berharap Pemko Dumai dapat menjadi penyambung informasi dalam hal tugas, fungsi, kewenangan dan kegiatan-kegiatan pelayanan dan proses hukum yang dilakukan Pengadilan Agama Kelas IB Dumai agar bisa diketahui oleh masyarakat secara meluas melalui sistem informasi website web.dumaikota.go.id.

Sementara itu, Kepala Diskominfotiksan Dumai, Adli berharap perjanjian kerja sama yang terjalin ini mampu menguntungkan kedua belah pihak demi kepentingan masyarakat Kota Dumai dalam memperoleh pelayanan dan akses informasi yang seluas-luasnya secara transparan, benar, dan bermanfaat.

“Kerja sama antara Pengadilan Agama Dumai dan Diskominfotiksan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dalam mendapatkan keadilan dan menyajikan seluruh informasi terkait pelayanan dan kegiatan yang ada di Pengadilan Agama kepada masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, diera digital sekarang, pelayanan berbasis elektronik dan penyebarluasan informasi melalui web dan media sosial sangat penting di kalangan masyarakat. 

"Kegiatan ini tidak sekedar seremoni dan kedepan diharapkan ada komunikasi terus-menerus dan langkah nyata sehingga terwujud smart governance di Kota Dumai yang berujung pada kesejahteraan masyarakat," tutur dia.*