Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Dumai akan Dihadiri Presiden Jokowi

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Dumai akan Dihadiri Presiden Jokowi

20 Mei 2024
Rakor persiapan upacara peringatan hari lahir pancasila di Kota Dumai

Rakor persiapan upacara peringatan hari lahir pancasila di Kota Dumai

RIAU1.COM - Kaban Kesbangpol Pemerintah Kota Dumai, Eko Wardoyo, memimpin rapat koordinasi (Rakor) secara virtual persiapan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat nasional, Senin (20/05).

Menurut rencananya Kota Dumai ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, tepatnya dipusatkan di Blok Roka yang juga sebagai bentuk apresiasi dan wujud nyata kemandirian ekonomi, dimana Blok Rokan saat ini telah dikelola penuh oleh Pertamina.

Rapat yang terhubung ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia tersebut, sebagai pihak penyelenggara peringatan Hari Lahir Pancasila memberikan arahan-arahan kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Dumai terkait mengenai secara teknis upacara yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni nanti.

Ada beberapa rangkaian-rangkaian yang akan dibahas, termasuk lokasi dan persiapan, menurut agendanya, Presiden Jokowi akan hadir untuk memimpin upacara di Lapangan milik Pertamina Hulu Rokan tersebut.

Biro Protokol dan Humas Kemensetneg, Syaiful menyampaikan akan melakukan survei untuk memutuskan lokasi pelaksanaan serta meninjau infrastruktur dan juga keamanan.

"Kami besok hari Selasa akan melakukan survei untuk meninjau infrastrukturnya, dan juga aspek-aspek keamanannya sehingga kami dapat memutuskan untuk acuan dalam pelaksanaan hari lahir pancasila," sebutnya.

Lokasi untuk pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila ini direncanakan di Lapangan Garuda PHR Dumai, karena dinilai sangat cocok dan sangat memungkinkan untuk pelaksanaan upacara serta memadai untuk dayatampung peserta upacara.

Meskipun lokasi ini dilaksanakan di objek vital negara, masyarakat tetap dapat melihat jalannya pelaksanaan upacara melalui videotron yang akan disediakan oleh pihak Pertamina Hulu Rokan nanti.

Estimasi peserta dan tamu ada 3 ribu orang yang akan hadir, selain itu juga lokasi tidak jauh dari Bandara Pinang Kampai, sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh para tamu dan undangan.*