Jumat, 13 Desember 2019

GAYA-HIDUP

Yuk Kenali Penyebab Setang Piston Kendaran Bengkok

news24xx


Setang piston bengkok (Foto: istimewa/internet) Setang piston bengkok (Foto: istimewa/internet)

RIAU1.COM - Service Manager Astrido Daihatsu Daan Mogot Jakarta Barat Wahidin Jaelani menjelaskan apa yang menjadi penyebab setang piston menjadi bengkok saat kendaraan mengaspal.

Baca Juga: Ternyata Posisi Tidur Kamu Dapat Mencerminkan Kepribadian

www.jualbuy.com
Setang piston sendiri di dunia otomotif disebut connecting rod yang berfungsi sebagai lengan untuk mengubah gaya naik turun menjadi gaya putar dan sebagai penghubung piston dengan crankshaft, dikutip dari otoseken.id, Minggu, 10 November 2019.

Salah satu penyebabnya akibat kesalahan vendor dalam proses produksi setang piston.

"Yang kedua saat kendaraan dalam kondisi water hammer. Kondisi ini disebut juga air masuk dalam ruang bakar terjadi karena banjir atau pengemudi memaksakan menerobos genengan air yang tinggi," imbuhnya.

Air di jalanan masuk ke dalam mesin melalui air intake sehingga mengganggu ruang pembangkaran.

Akibatnya setang piston menjadi bengkok, rusak, dan dinding silinder menjadi tergores akibat masuknya faktor eksternal seperti air.

"Ruang bakar itu kan presisi, Ketika air atau kemasukan benda asing, jadi mesin itu bukan hanya mengompresi udara tapi juga air, sehingga tekanan itu bisa mendorong piston dengan sangat besar dan bisa menyebabkan setang piston bengkok," katanya.

Penyebab terakhir setang piston menjadi bengkok akibat engine overheat atau panas berlebih pada mesin. Biasanya dialami oleh mobil yang bermasalah dengan sistem pindingin (radiator), termasuk thermostat dan water pump.
Baca Juga: Perut Buncit Mengganggu? lni Dua Latihan yang Bisa Kamu Lakukan

Iklan Riau1
Untuk itu selalu cek kondisi air radiator atau coolant, ketika indikator radiator menyala di panel instrumen, segeralah bawa mobil ke bengkel.





Loading...